Dalam Rangka HUT RI Ke-78 Kelurahan Pitak Gelar Berbagai Pertandingan, Lurah Pitak : Utamakan Sportivitas


12 shares

 

Ruteng, NTT//SI.com- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 Tahun, Kelurahan Pitak menggelar berbagai jenis pertandingan antar RT se-Kelurahan Pitak, dimulai pada Selasa (15/08/2023) pukul 14.00 wita bertempat di lapangan SDI Woang, Kelurahan Pitak, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Pertandingan itu dibuka secara resmi oleh Camat Kecamatan Langke Rembong, Yohanes Emiliano A. Ndahur, S.STP. M.A didampingi Lurah Kelurahan Pitak, Libertus Mario Ngarung, S.KM, dihadiri Danramil 1612 Manggarai beserta jajaran, sejumlah Tua Adat dari Kelurahan Pitak, khususnya Kampung Woang, Ketua RT/RW se-Kelurahan Pitak, Ibu-ibu PKK Kelurahan Pitak, serta kurang lebih ratusan warga Kelurahan Pitak yang datang menyaksikan pertandingan yang digelar tersebut.

Sebelum melaksanakan seremonial pembukaan secara resmi, terlebih dahulu Lurah Kelurahan Pitak, Libertus yang diwakili, melakukan adat Manggarai (Kepok) kepada salah satu perwakilan dari Rumah Adat Gendang Woang.

Dalam sambutannya, Lurah Kelurahan Pitak, Libertus Mario Ngarung, S.KM menyampaikan bahwa, pertemuan tersebut dilapangan SDI Woang itu, untuk memeriahkan HUT RI ke-78 dan menyampaikan dua hal terkait dengan kesehatan.

“Kita semua perna mendengar sebuah kalimat latin “Mens Sana in Corpore Sano” yang artinya didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kalimat ini telah kita tunjukan melalui kegiatan kita pada hari ini, jadi bagi Bapa Ibu pemain yang akan melangsungkan pertandingan, saya minta supaya tunjukan sportivitas, karena yang kita cari disini bukanlah lawan, melainkan kawan”, ungkap Lurah Kelurahan Pitak Lebertus Mario Ngarung

Ia juga meminta, agar semua pihak untuk sama-sama menjaga kegiatan itu mulai dari sore hari sampai selesai dengan aman dan lancar.

“Terkait dengan persatuan, negara kita sangat menjunjung tinggi soal persatuan, Bhineka Tunggal Ika, itu adalah simbol kekeluargaan, persaudaraan. Jadi sore hari ini kita bertanding untuk menunjukan bahwa kita ini adalah keluarga, kegiatan ini menunjukan bahwa kita ini adalah saudara, dan kegiatan kita hari ini menunjukan sebuah kerjasama, gotong royong. Jadi saya minta kita semua menjunjung tinggi asas kekeluargaan, asas kebersamaan, asas kerjasama antara kita”, ujarnya

Baca juga:  Galian Tapak Sutet T 28 PT. Prosper Ancam Keselamatan Anak-Anak Desa Muara Niru EPD

Diakhir sambutannya, Libertus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Camat Langke Rembong, Emilianus, karena telah meluangkan waktu untuk membuka kegiatan tersebut, dan menyampaikan terima kasih kepada Danramil 1612 Manggarai beserta jajaran, singkatnya kepada seluruh panitia yang telah mengambil bagian dalam menyukseskan pertandingan dalam rangka HUT RI ke-78 tersebut.

Pada kesempatan itu juga, Camat Kecamatan Langke Rembong, Yohanes Emiliano A Ndahur, S.STP. M.A menyampaikan, bahwa dirinya berharap agar pertandingan itu bisa berjalan dengan lancar dan aman tanpa adanya gangguan, dan tanpa adanya keributan.

“Tentunya kami berharap kegiatan-kegiatan seperti ini tidak saja memeriahkan kemerdekaan, ijinkan saya memberikan makna kegembiraan-kegembiraan perayaan 17 Agustus, Bapa Ibu semua, 78 tahun yang lalu, kemerdekaan itu diperoleh oleh bangsa Indonesia, dan Manggarai juga ada didalamnya. Nenek moyang kita juga mengambil bagian dalam perjuangan waktu itu. Mudah-mudahan Bapa Mama, terutama anak-anak SD, SMP, supaya tidak melupakan sejarah. Jadi kemerdekaan di Manggarai bukan karena hadiah”, kata Camat Langke Rembong

Perayaan-perayaan seperti ini kata dia, melalui pertandingan-pertandingan seperti ini, itu benar-benar kita mengisi kemerdekaan yang sudah diperjuangkan oleh pendahulu kita, khususnya Nenek moyang kita orang Manggarai.

“Jadi jangan hanya sekedar senang, jangan hanya sekedar suka cita, tapi kita lupa bahwa kita perna berjuang, dan saya juga mengucapkan terima kasih, karena dibeberapa Kelurahan di Langke Rembong, saya menyampaikan tidak salah kita melakukan hal ini, ini memang hal yang wajar, karena ini pesta suka cita kita bersama”, tutupnya

Untuk diketahui, berbagai pertandingan yang dipertandingkan oleh Kelurahan Pitak dalam rangka HUT RI ke-78 tersebut yakni, Volly Putri, Sepak Takraw Putra, dan Tarik Tambang. Pertandingan itu akan berakhir pada Minggu (20/08/2023) pukul 14.00 wita.

Baca juga:  Dua Desa Terpencil di Matim Deklarasikan Dukungan kepada SPK dan Adrianus Garu

Penulis : Dody Pan


Like it? Share with your friends!

12 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Seeet✋, Tidak boleh Copas, Izin dulu pada yg punya Media.🤛🤛👊