Bentuk Peduli Terhadap Kelestarian Lingkungan, PT.BAB Laksanakan Penghijauan


BELITUNG TIMUR, — Peduli terhadap kelestarian lingkungan dan ke-berlanjutanya, PT Berkah Aquakultur Bahari (PT BAB) berdiskusi dan menjalin kemitraan dengan Lembaga Pemberdayaan Hutan Desa (LPHD) Desa Batu Penyu untuk melaksanakan penghijauan, pada Selasa (02/10/2024) malam, bertempat di Galeri Desa Batu Penyu, Kec.Gantung, Kab. Belitung Timur.

Pantauan awak media ini, dalam kesempatan diskusi ini nampak dihadiri oleh Bapak Juherwin, selaku pihak perusahaan, sedangkan dari pihak LPHD terdiri dari Ketua, Sekretaris beserta Anggota, Kadus dan masyarakat setempat.

Diskusi yang bertujuan untuk membangun kemitraan antara pihak PT BAB dengan LPHD dalam rangka melaksanakan program penghijauan di lahan yang sudah disetujui. Adapun bibit yang dipilih adalah kaliandra, yaitu tumbuhan yang akan menyediakan sumber makanan bagi lebah madu nyirun (trigona,red). Lebah madu ini nantinya akan menghasilkan madu yang akan menjadi salah satu sumber mata pencaharian masyarakat sekitar.

Juherwin, atau lebih akrab disapa Erwin kepada awak media ini menuturkan, “Dengan adanya potensi ini, PT BAB ber- inisiatif utk memberdayakan masyarakat pencari madu alam dengan memberikan pembinaan dan pelatihan untuk menjadi pem-budidaya ternak madu”, tutur Erwin.

Selanjutnya, pihak Erwin juga menyampaikan,”Sebagai langkah awal, perusahaan akan memberikan pelatihan dan melakukan penanaman bibit kaliandra di lokasi yang sudah diberikan izin oleh LPHD. Lalu selain kemitraan, diskusi ini juga bertujuan untuk bagaimana upaya-upaya memberdayakan masyarakat sekitar, terutama nelayan, dengan program kerja sama untuk memenuhi kebutuhan logistik mereka. Selain itu, perusahaan juga mengajak masyarakat sekitar untuk membentuk kelompok wanita tani yg akan berkebun dengan pola hidroponik”, jelas Erwin.

Erwin juga menekankan akan pentingnya kerjasama yang profesional dan serius antara LPHD dengan perusahaan dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan perawatan kegiatan yg dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mendukung upaya peningkatan perekonomian yg di lakukan LPHD sebagai mitra dari perusahaan. (Luis).


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Seeet✋, Tidak boleh Copas, Izin dulu pada yg punya Media.🤛🤛👊