Kabar Gembira, 17 Kantor Desa di Kecamatan Tanah Abang Akan Pull Jaringan Internet


10 shares

PALI – Salah satu Visi Misi Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Membangun daerah berjuluk bumi serepat serasan dari segala aspek di segala penjuru daerah, termasuk memperkuat jaringan Internet di desa-desa.

Karena menurut Bupati PALI, Dr Ir H Heri Amalindo,MM pemerintah desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi desa yang dikembangkan oleh pemerintah daerah, dan pemerintah daerah wajib mengembangkan sistem informasi desa dan pembangunan kawasan perdesaan.

Sistem Informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia.

Sayangnya belum semua desa di kabupaten PALI dapat menikmati fasilitas Internet. Jangankan Internet, untuk akses telekomunikasi layanan telepon seluler pun kadang juga masih terbatas bahkan di pusat ibu kota kabupaten pun masih sangat minim sekali jaringan Internet.

Padahal, selain mempunyai manfaat untuk menambah wawasan penggunanya, internet juga berguna sebagai sarana atau media hiburan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, Internet sangat bermanfaat baik dalam menunjang kinerja sistem informasi desa. Dengan adanya jaringan internet, desa dapat mencari berbagai informasi di bidang pemerintahan, pertanian, peternakan dan lainnya dengan lebih cepat.

Selaras dengan cita-cita Bupati PALI melalui Dinas Kominfo yang disampaikan Camat Tanah Abang Edy Irwan, SE, M.Si di hadapan 17 Orang kepala desa yang ada di Kecamatan Tanah Abang saat sosialisasi program internet desa di Sekretariat PKK Kecamatan Tanah Abang pada Senin (24/07/2023), Camat juga menyampaikan beberapa manfaat internet untuk desa.

Menurut nya, pertama sesuai peraturan pemerintah, penggunaan anggaran desa harus transparan. Dengan aplikasi anggaran desa melalui internet, pemerintah desa dapat update penggunaan anggaran di website desa dan warga bisa memantau realisasi anggaran desa.

Baca juga:  Heri Amalindo Lantik 17 Kades, Ada Hal Menarik Yang dia Sampaikan, Baca di Sini Agar Paham

Kemudian dengan Sistem Informasi Desa Online menjadikan pemerintah desa dapat update data desa dengan mudah serta dapat diakses dengan cepat oleh PEMDA dan Pemerintah Pusat.

“Dengan menggunakan internet, pemerintah desa bisa dengan mudah menyebarkan informasi kepada seluruh warga desa, seperti berita penting, pengumuman warga, peringatan dini, regulasi baru, dan lainnya. Juga mempermudah komunikasi antar desa.”ujar Edy Irwan.

Photo Camat Tanah Abang, Edy Irwan, SE, M.Si saat sosialisasi program internet desa di hadapan 17 Orang kepala desa di Kecamatan Tanah Abang

Dia juga menambahkan, apalagi yang
memiliki produk desa yang unik, bernilai jual tinggi, dan tidak ada ditempat lain?
Cara yang paling efektif untuk memasarkan produk ke luar desa adalah dengan jualan online melalui internet.

Dengan internet pasar produk desa yang biasanya terbatas secara geografi, bisa menembus batas hingga ke seluruh dunia. Internet juga dapat menjadikan birokrasi dan transparansi pemerintah desa menjadi lebih baik, dengan tersedianya sarana grup media sosial maupun forum warga berbasis internet.

“Banyak hal lain di desa yang mungkin berkembang, desa bisa menjadi sumber dan akses ekonomi yang sangat besar, kreativitas warga akan lebih terasah, pendidikan yang lebih baik yang pada akhirnya dapat menggali potensi desa lebih maksimal.”papar Camat Tanah Abang.

Lebih lanjut Camat Tanah Abang mengatakan, jika semua Kades sudah siap menganggarkan maka secara perdana Kecamatan Tanah Abang jadi Pioneer kabupaten PALI bahkan se-sumsel, dia berharap semua kades di 17 desa siap, “Kalau bisa cepat kenapa harus di hambat,”harap Edy Irwan.

Bahkan saat ditanya, saat sosialisasi itu, semua kades menyatakan setuju dan siap, serta bersedia menganggarkan belanja peralatan internet untuk di kantor desa.

Sementara Dico Fransisco selaku pihak perwakilan perpanjangan tangan pemerintah Kabupaten mengatakan soal biaya yang akan dikeluarkan setiap kepala desa tidak begitu besar, bekisar di bawah lima juta, dan dia bersedia membantu pemasangan hingga siap operasi tanpa biaya tambahan.

Baca juga:  Saat Dilantik, Kades  Tekana Berjanji Utamakan Kesehatan Warga Dengan Program Berobat Gratis

ES.


Like it? Share with your friends!

10 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seeet✋, Tidak boleh Copas, Izin dulu pada yg punya Media.🤛🤛👊