7 Desa Di Kecamatan Tanah Abang Gelar Sertijab Dan Penyerahan Aset Desa


PALI – Ada 7 kepala desa di Kecamatan Tanah Abang yang habis masa jabatannya, dan hari ini digelar kegiatan serah terima jabatan (Sertijab) serta serah terima memori aset desa, bertempat di balai pertemuan kantor camat Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI Provinsi Sumatera Selatan pada Jum’at (09/06/2023).

Adapun kepala desa yang purna bakti adalah, Desa Tanah Abang Selatan, Tanah Abang Jaya, Tanah Abang Utara, Bumiayu, Suka Manis, Muara Dua dan Desa Tanjung Dalam, yang menyerahkan jabatan kepada Plt Kades dan menyerahkan memori aset desa.

Kegiatan Sertijab itu dipimpin langsung oleh Camat Tanah Abang, Edy Irwan, SE, M.Si dihadiri Sekcam beserta beberapa kepala seksi di Kecamatan Tanah Abang, Kapolsek Tanah Abang, Danpos Koramil Kecamatan Tanah Abang, 6 orang mantan kades yang menyerahkan jabatan serta aset, kades purna bakti Desa Tanah Abang Selatan dan ketua BPD tidak hadir, juga 7 Plt Kades serta 6 Ketua BPD dan anggota BPD dari 7 Desa.

Saat Sertijab itu, camat mengucapkan terimakasih kepada 6 kepala desa purna bakti yang sempat hadir atas pengabdian selama ini, dia juga berharap kepada seluruh Plt Kades agar menjalankan tugas dengan baik, menurut nya wewenang Plt sama seperti kades sebelumnya.

Poto bersama saat Sertijab dan Penyerahan Aset

“Tugas kalian sangat berat apalagi menjelang Pilkades, selaku Plt Kades kalian harus netral, tugas kalian urusi rakyat,”terang Camat.

Camat juga berpesan kepada BPD agar monitor sebaik mungkin soal serah terima aset serta mengawal panitia Pilkades, karna BPD yg membentuk panitia, dia juga harus bertanggung jawab atas kinerja panitia pemilihan kepala desa, dia juga berjanji akan tetap mengawal penyerahan aset, dan Pilkades hingga selsai.

Orang nomor satu di jajaran pemerintahan Kecamatan Tanah Abang itu juga menambahkan agar siapapun kades terpilih nanti agar jangan terlalu jumawa, serta mengabaikan peraturan pemerintah desa, dia tidak ingin ada permasalahan di desa pasca pemilihan kades, terkhusus masalah pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa.

Baca juga:  Camat Lawang Kidul Dampingi Pj. Sekda Muara Enim Kroscek persiapan Kunjer RI 1

“Berkoordinasilah dengan baik dengan perangkat lama dan BPD agar tidak mis komunikasi serta menjadi pemicu masalah, apalagi sampai berlanjut ke ranah hukum seperti yang kita ketahui di salah satu desa sekarang ini,”harap Edy Irwan.

Saat ditanya soal kehadiran Kepala Desa Tanah Abang Selatan Purna Bakti, Sekretaris BPD Tanah Abang Selatan, Ikmal Safril mengaku tidak tau, los komunikasi dia juga menyayangkan atas ketidak hadiran mantan kades tanah abang selatan saat acara Sertijab dan Penyerahan Aset Desa.

Dia juga mengatakan, selaku partner kepala desa dia akan tetap mengawasi kinerja kepala desa selama menjabat, baik sebelum atau sesudah menjabat.

Poto Sekretaris BPD Tanah Abang Selatan, Ikmal Safril

“Mengenai aset desa, kami selaku BPD akan tinjau tentang kebenaran semua aset desa secara detail, jika ditemukan ada kejanggalan atas hal itu maka akan kami laporkan ke pihak yang berwenang,”ujar Ikmal Safril.

Eddi Saputra.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Seeet✋, Tidak boleh Copas, Izin dulu pada yg punya Media.🙏