Aktivitas Menjelang Sedekah Dusun Akbar Desa Lebak Mudi


105 shares

 

Muara Enim//SI.com- Merupakan tradisi bagi Desa Lebak Budi setiap 5 tahun menyelenggarakan sedekah dusun sebagai rasa syukur bagi zuriat dari Puyang Bijan Tunggal sejak dulu, terutama ziarah ke makam puyang-puyang yang ada di Desa Lebak Budi dan Desa Lambur Kecamatan Panang Enim, Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul, serta Desa Dalam Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim, Sumsel.

Terpantau awak media saat tetua keempat desa yang sedang berziarah di makam Puyang Bijan Tunggal ditengah persawahan Desa Lebak Budi, hadir Kepala Desa Lebak Budi Kaprudin, Kepala Desa Lambur Yusmar dan Kepala Desa Keban Agung Fajrul Bahri, serta Kepala Desa Dalam Maskan, juga hadir pula pemangku adat Kecamatan Panang Enim serta ketua adat Desa Keban Agung, Desa Lambur dan Desa Dusun dalam. Minggu, 28/11/2021.

Ketika diwawancarai pamangku adat kecamatan panang enim M. Hasan Taro menuturkan, sebelum melaksanakan sedekah dusun kita ziarah ke makam Puyang Bijan Tunggal merupakan yang tertua berasal dari demak, dan kita mensyukuri atas zuriat Puyang Bijan Tunggal agar menjadi makmur dan jadi pemimpin yang amanah, tuturnya.

Kemudian katanya” Puyang Bijan Tunggal mempunyai anak yaitu, Batu Karung, Batu Tabing, Sinduwati. kemudian Batu Tabing punya anak yaitu, Tepikor, Patih Singkir, Patih Nas, dan Ario Belekap”

” Puyang Batu Tabing dan Patih Singkir serta Patih Bas ke Desa Lambur, Puyang Sinduwati ke Desa Lebak Budi Kecamatan Panang Enim, Ario Belekap ke Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul, sedangkan Batu Tabing dan Tepikor di Desa Dalam Kecamatan Belimbing, Patih Singkir dan Patih Nas tetap di Desa Lambur” demikian katanya.

Sementara kepala desa lebak budi kaprudin mengatakan, sedekah dusun yang akan diselenggarakan setiap 5 tahun sekali yang merupakan tradisi bagi Desa Lebak Budi dan Desa dari keturunan puyang Bijan Tunggal, secara bergantian siapa yang sudah siap untuk menyelenggarakan sedekah dusun tersebut, dan kebetulan tahun ini Desa Lebak Budi sudah siap untuk melaksanakan sedekah dusun.

Lanjutnya” rencana akan kita selenggarakan pada tanggal 2 Desember 2021, pada saat sedekah dusun nanti kita undang Gubernur Sumatera Selatan dan juga Pj. Bupati Muara Enim” ucapnya.

Senada dengan apa yang diungkapkan kepala Desa Lambur Yusmar” bahwa kita pada tanggal 2 Desember 2021 akan dilaksanakan sedekah dusun akbar, dan hari ini akan kita lakukan ziarah ke makam Puyang Bijan Tunggal dan Puyang yanf lainnya, dengan mengumpulkan keturunan 4 desa yaitu, Desa Lambur, Desa Lebak Budi, Desa Keban Agung dan Desa Dalam, demikian ungkapnya. ( MUR/SI )


Like it? Share with your friends!

105 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *