Memakna’i Peristiwa Nabi Ibrahim dan Ismail, IKM PALI, Sembelih Hewan Qurban


PALI//SI.Com–,Kagiatan penyembelihan hewan qurban pada setiap tanggal 10 Julhijah (Iedul Ad’ha) bukanlah sekedar seremonial dan rutinitas tahunan belaka, namun lebih daripada memaknai hikmah peristiwa religius antara Nabi Ibrahim A.S dan putranya Nabi Ismail A.S.

Meneladani dan taat akan tuntunan berqurban inilah Pengurus Ikatan Keluarga Minangkabau Penukal Abab Lematang Ilir (IKM-PALI) hari ini (11/07) menyembelih 5 ekor sapi persembahan qurban dari anggota IKM dan 1 ekor dari Hj. Sri Kustina (istri Bupati PALI).

Ketuanya, Nafriadi Tanjung (Katik Majolelo) mengatakan bahwa disetiap ibadah yang diperintahkan agama pasti ada hikmah dan pembelajaran yang dapat dipetik.

“Yang paling sederhana hikmah yang dapat kita petik saat pelaksanaan hari raya kurban ini adalah asas kemanfaatannya. Terimkasih pada shohibul qurban dan anggota IKM-PALI serta bu Sri atas kepercayaannya menyembelihkan hewan kurbannya kepada IKMP, dengan demikian makin banyak orang-orang yang berhak atas daging sembelihan kurban ini yang kebagian” ugkap Naf dilokasi penyembelihan persis di lapangan belakang Rumah Makan Do’a Mande Handayani Mulia.

Nafri juga mengatakan bahwa pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini biasa dilakukan satu hari pasca hari raya kurban. ” Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, IKMP melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada hari raya kedua Iedul Ad’ha. Hal ini mengingat anggota IKMP yang ditugaskan biasanya juga jadi panitia kurban di masjid-masjid sekitar tempat tinggal mereka, makanya kita pilih hari kedua lebaran” terang Naf siang itu yang mengenakan baju putih dengan atribut IKMP.

Selain itu, Nafri menambahkan bahwa dari 6 ekor hewan kurban yang disembelih hari ini, telah mengikuti himbauan Menteri Agama untuk memperhatikan kesehatan hewan kurban mengingat banyak daerah yang terjangkit wabah penyakit mulut dan kuku. Begitupun dengan 500 paket daging yang telah ditimbang sesuai dengan tuntunan telah dibagikan semuanya kepada yang berhak.

Baca juga:  Babinsa Koramil 404-04 Gunung Megang Monitoring Giat Rembug Madya KTNA 

 

Ril.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berkarya Dewek