Wakil Ketua TP-PKK Manggarai Lakukan Kegiatan STBM GESI di Cibal Barat


120 shares

 

Manggarai, NTT//SI.com- Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai, Ny. Florentina F.H, Ganggut Ngabut, bersama rombongan melakukan bimtek PKK Desa, sekaligus Monitoring dan Supervisi STBM GESI tingkat Desa, di Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan pemicuan 5 pilar, pada Sabtu (14/05/2022).

Dalam kunjungan itu, Wakil Ketua TP-PKK, Ny. Florentina F.H, Ganggut Ngabut, bersama rombongan diterima secara adat Manggarai oleh warga setempat dengan “Tuak Curu, Manuk Kapu”.

Saat di Desa Wae Renca, Kecamatan Cibal Barat, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Manggarai, Ny. Florentina F.H, Ganggut Ngabut, bergerak dan memimpin langsung pemicuan dari rumah ke rumah, guna mengecek lima pilar STBM GESI.

Lima pilar pemicuan STBM GESI bertujuan agar PKK tingkat Desa, mampu melakukan pemicuan secara mandiri dan sambil melakukan edukasi.

Adapun lima pilar yang dimaksud yakni ;
1. Stop buang air besar disembarang tempat
2. Cuci tangan pakai sabun
3. Pengelolaan air minum/makanan rumah tangga
4. Pengelolaan sampah rumah tangga
5. Pengelolaan air rumah tangga

Di Desa tersebut, terdapat sebanyak 30 orang anak stunting, salah satu penyebabnya adalah, keadaan sanitasi yang kurang baik, dan di Desa tersebut juga belum ada listrik dan air bersih. Masyarakat masih menimba air dari mata air dan sungai, dan menunggu air hujan.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut yakni ; Camat Cibal Barat, Sekertaris Cibal Barat, Ketua TP-PKK Kecamatan Cibal Barat, TP-PKK Desa dan anggota, Kepala Puskesmas, Guru Paud, Bidan Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda,

Untuk diketahui, kegiatan ini merupakan hasil kerjasama TP-PKK Kabupaten Manggarai, dengan PLAN Internasional, untuk melakukan monitoring dan Supervisi STBM GESI pada 35 Desa di Kabupaten Manggarai, berlangsung sejak tanggal 9 April, 2022 sampai dengan 28 Mei 2022.

Penulis : Dody Pan


Like it? Share with your friends!

120 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.