Puskesmas Tanjung Enim Lakukan Pelayanan Warga Desa Lingga Yang Terdampak Katarak Secara Jemput Bola

  • Whatsapp

 

Muara Enim//SI.com- Perhatian pemerintahan terhadap masyarakat yang kurang mampu untuk memberikan pelayan kesehatan pemeriksaan katarak melalui bpjs kesehatan warga desa lingga kecamatsn lawang kidul kabupaten muara enim sumsel. Rabu, 24/11/2021.

Saat dr. Hj. Maisaroh melakukan pemeriksaan terhadap Novianti umur 43 tahun bahwa yang bersangkutan sudah 10 tahun matanya dalam keadaan tidak melihat, kemudian keluhan sering sakit kepala yang dialami, dan ada benjolan putih dibola matanya, karena terauma untuk berobat, sehingga saat ini tidak pernah berobat lagi.

Ketika dimintai keterangan dr. Hj. Maisaroh tentang pasien, yang saat ini kita diperiksa menerangkan, bahwa yang bersangkutan memang ada penyakit katarak, sehingga tidak melihat lagi, saat diperlihatkan dengan alat senter, mata sebelah kiri masih bisa melihat pada cahaya, sedangkan mata sebelah kanan betul tidak bisa melihat.

” katanya matanya masih bisa dioperasi katarak, tapi harus diperiksa karena mata untuk sementara ada glokosa dan bisa disebabkan tekanan darah tinggi, karena ada keluhan sakut kepala yang sangat sehingga ada dorongan dari dalam, dan ini akan kita rujuk ke rumah sakit sebaik dirujuk ke rumah sakit Bukit Asam Medika.

” dr. Hj. Maisaroh juga mengatakan bahwa, pasien mengalami glokoma sehingga pasien ada keluhan sering sakit kepala yang sangat berat, ada juga hipertensi menambah percepatan kataraknya semakin tinggi, saat ini sudah kita beti obat srmentara” imbuhnya.

Sementara kepala puskesmas tanjung enim Ahmad Gani, SKM mengatakan, akan kita bantu, baik rujukan maupun komunikasi, termasuk ambulance, kalau ada kendaraan sendiri bisa dilaksanakan, dan lebih cepat lebih baik, nanti membawa surat rujukan dari Puskesmas Tanjung Enim.

” pelayanan kita 24 jam bagi yang urgent untuk pelayanan masyarakat yang masih bisa ditangani di puskesmas, kalau memang sudah tidak dapat kita layani, maka akan rujuk ke rumah sakit terdekat” tuturnya.

Kemudian dari Ormas JPKP dan media ucapkan terima kasih kepada kepala puskesmas tanjung enim yang sudah membantu dengan pelayanan pemeriksaan terhadap masyarakat yang memerlukan kebutuhan, tentu kegiatan ini akan kita kawal sampai tuntas.

Lanjutnya” kegiatan Ormas JPKP adalah memberikan bantuan bersifat sosial dan pendampingan bagi masyarakat yang dikecamatan lawang kidul khususnya, kabupaten muara enim umumnya, agar mereka dapat perlindungan ketika ada permasalah, baik sosial maupun tersandung masalah hukum”

” saat ini pasien sudah kita bawa ke Rumah Sakit Bukit Asam Medika denganenggunakan mobil ambulance Puskesmas Tanjung Enim, apakah akan diopname atau betobat jalan” ucapnya.

Dalam pendampingan warga desa lingga yang dikawal mulai dari tempat kediaman sampai ke rumah sakit bukit asam medika, diantaranya, mahbub, rustandi, hermidi, aidil koster, merry ramayani dan ormas GPAB serta Ormas SIP-TE, demikian ungkapnya. ( MUR/SI )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *