Dinas Perikanan Muara Enim Berikan Bantuan Produk Olahan Bahan Serba Ikan Guna Mencegah Angka Stuting


Muara Enim//SI.Com–, Dalam rangka mencegah angka adanya kelajutan dan kenaikan stunting yang ada di wilayah Kecamatan Belida Darat, Dinas perikanan memberikan bantuan paket berbagai jenis produk olahan serba bahan ikan ke dua Desa yakni Desa Tanjung Tiga dan Desa Lubuk Getam, Kecamatan Belida Darat Kabupaten Muara Enim Sumsel.

Bantuan makanan Bergizi Berbahan Dasar Ikan bertujuan memperluas penyampaian informasi tentang ikan, jenis olahan masakannya serta kandungan gizi dan manfaatnya kepada masyarakat luas yang kesemuanya akan berimplikasi pada peningkatan konsumsi ikan nasional.

Menurut Camat Kecamatan Belida Darat Zulchaidir Sidik s. STP.M.si. saat beliau memberikan edukasi tentang penting untuk mengkomsumsi ikan, dia mengatakan Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani dan merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, halal dan baik bagi keluarga dan mencegah stunting,

Ia juga menjelaskan keunggulan ikan sebagai salah satu produk strategis untuk penanganan stunting diantaranya Kadar kolesterol daging ikan rendah dan daging ikan mengandung asam lemak tidak jenuh (asam lemak omega 3) yang dapat meningkatkan IQ,

Lebih lanjut kata Camat, Antioksidan dan dapat mengurangi resiko kanker. Omega 3 juga dapat mempengaruhi fungsi pembuluh darah sehingga dapat mencegah penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah sehingga dapat mencegah penyakit jantung.

Zulchaidir Sidik juga menambahkan,  penyerapan protein ikan lebih tinggi dibandingkan daging sapi, ayam dan lain-lain sehingga mudah dicerna dan cocok bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam pencernaan.

“Ikan kaya akan fosfor yang penting bagi sel dan metabolisme tubuh. Ikan kaya akan zat besi yang diperlukan untuk haemoglobin di dalam darah. Ikan mengandung zincum yang penting untuk perkembangan sel-sel otak. Ikan kaya akan iodine, bagian penting dari thyroxin, yaitu hormon yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik serta mental. Ikan mudah mengolahnya dan waktu memasaknya singkat sehingga bahan gizi penting tidak banyak hilang,” terangnya Camat Pada Rabu (23/11/2022).

Baca juga:  Open Rekrutmen, Polda Banten Gelar Tes Jasmani Calon Taruna Akpol Polri Tahun 2022

Di tempat terpisah Kepala Seksi Perikanan Kabupaten Muara Enim Siska wiendarty.SP. juga memaparkan tentang Pengetahuan akan nutrisi yang sehat dan berimbang sangatlah diperlukan terutama bagi ibu-ibu rumah tangga dalam mengkreasikan menu keluarga sehari-hari.

Menurut nya untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Muara Enim maka kita perlu membudayakan makan ikan di masyarakat terutama kalangan generasi muda. Melalui acara ini olahan makanan bergizi berbahan dasar ikan diharapkan tumbuh kesadaran akan pentingnya nilai gizi individu maupun masyarakat untuk mengkonsumsi ikan sebagai salah satu upaya pencegahan stunting.

Kepala Desa Lubuk Getam, Darsan, mengucapkan banyak terima kasih kepada Dinas perikanan kabupaten Muara Enim yang telah memberikan bantuan paket makanan dalam kemasan produk olahan serba bahan dari ikan,

” Kami Ucapkan terimakasih, Semoga dengan adanya bantuan ini bisa mencegah adanya Stunting di desa kami,” ujar Kades.

(Deddy s)


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berkarya Dewek