DIDUGA TIPU WARGA, KADES SIPANG INHU DILAPORKAN KE POLISI


107 shares

Unit Reskrim Sektor Batang Cenaku, Res. INHU Sedang melakukan penyelidikan Dugaan penipuan dan penggelapan Jual beli lahan Plasma KUD KARYA INDAH di Desa SIPANG kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu Propinsi Riau. Yusri,yang merupakan salah satu Kepala Desa(Kades) Aktif desa Sipang dilaporkan ke polisi berdasarkan laporan polisi Nomor : LP/B/12/IV/2022/SPKT-RESKRIM/POLSEK BATANG CENAKU/POLRES INHU/POLDA RIAU Tanggal 08 April 2022.

Foto korban (Suroso)

Suroso(68) tahun , warga Desa Aur Cina, Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Inhu
Mengungkapkan dirinya menjadi korban penipuan dan penggelapan oleh kades Yusri. Berdasarkan Surat jual beli dan SKGR pada tahun 2013. Korban membeli lahan tersebut 2 kapling dengan harga lebih kurang Rp 60.000.000,00( Enam puluh juta rupiah).proses penjualan dan transaksi disaksikan oleh beberapa orang saksi dan salah satu oknum kades lain di daerah tersebut.

Tetapi lahan plasma yang dijual oknum kades tersebut fiktip,dan bukanlah milik terlapor(kades). Sampai saat ini korban yang sudah berusia lanjut dan kondisi yang sedang Sakit-sakitan mengalami kerugian puluhan juta rupiah akibat peristiwa tersebut.

Namun hingga kini ,menurut korban Suroso lahan plasma yang dimaksud tidak ada . Menurut informasi lahan plasma tersebut bukanlah milik kades tersebut, melainkan milik orang lain.

“Waktu itu saya beli sama pak Yusri pak, bayar sama pak Yusri,
Tapi ternyata lahan itu tidak ada. Dan bukan miliknya”. Dijelaskan pak Suroso.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi Kapolsek batang Cenaku IPDA. AWET L.NAINGGOLAN.SH Membenarkan laporan tersebut . Ketika ditanyai tentang tindak lanjut kasus tersebut dan apakah SPDP nya sudah dikirim ke kejaksaan ?

Kapolsek mengatakan sabar pak ya ,,,Perkembangan selanjutnya besok hari Senin pak.

” Sabar pak ya,,,
Perkembangan selanjutnya besok hari Senin,
Untuk Saksi-saksi sudah kita panggil dan terlapor juga sudah kita lakukan pemanggilan, meskipun awalnya beliau tidak kooperatif”.
Ujar pemegang tongkat komando di Polsek batang Cenaku .

Penulis: Husnan


Like it? Share with your friends!

107 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.