Bupati Hery Secara Resmi Membuka Deklarasi Kabupaten Ramah Anak

  • Whatsapp

 

Ruteng, NTT//SI.com- Bupati Manggarai Herybertus G.L. Nabit, S.E, M.A, Kamis (28/10/2021) secara resmi membuka kegiatan Deklarasi Kabupaten Ramah Anak, bertempat di Aula MCC Ruteng.

Dalam sambutannya Bupati Hery mengatakan, Kabupaten layak anak berarti kita diperintahkan supaya mempertimbangakan kebutuhan dan hak-hak anak kita tidak hanya ditingkat Kabupaten, tetapi juga sampai ke tingkat Desa dan Kelurahan.

Karena itu kata Bupati Hery, dibawah koordinasi para Camat, yang juga hadir pada hari ini diminta untuk menyesuiakan dan menyatukan konsep berpikir kita dan akan bersama-sama menyusun dokumen dan selalu melaksanakan apa yang sudah dikonsepkan.

“Ada lima (5) klaster substansi dalam konfensi Hak Anak yang harus dipenuhi, untuk mencapai tujuan tersebut, pertama hak sipik dan hak kebebasan anak-anak seharusnya mendapat kemudahan pemenuhan hak sipil dalam hal ini adalah ; administrasi kependudukan. Kedua lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif”, Tutur Bupati Hery

Ia juga menambahkan, semua individu dalam rumah sudah saatnya hadir untuk kebutuhan anak, bawa mereka secara bersama keruangan do’a, ketempat rekreasi ; jangan biarkan anak dibesarkan oleh tekhnologi semata-mata, ciptakan ruang yang baik, agar mereka tumbuh sebagai pribadi mereka.

Ketiga, kesehatan dasar dan kesejahtraan ; kebutuhan yang harus dipenuhi pada anak adalah, pemenuhan gizi sejak dalam masa kandungan sampai dengan anak memasuki masa remaja.

“Hindarkan anak dari diskriminasi maupun tekanan psikologis, (orang tua/pengasuh) mulai melatih diri untuk untuk menghargai pendapat anak. Ketika anak tidak dapat mengemukan pendapatnya diluar lingkungan keluarga”, tambah Politisi PDIP itu

Keempat, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya. Dan kelima, hak perlindungan khusus.

“Karena itu maka perlu memberi ruang bagi potensi dan bakat anak dalam berbagai kegiatan seperti pendidikan musik, olahraga, bela diri, seni lukis, patung, dan berbagai kursus maupun pendidikan lainnya”, Tutup Bupati Hery

Turut hadir dalam unsur Forkopimda Kabupaten Manggarai, Camat, Bunda PAUD Kabupaten Manggarai, Pimpinan NGO Manggarai, Tokoh Masyarakat, dan Para Jurnalis.

Berita : Dody Pan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *