Bupati Agas Melaksanakan Acara Launching Dua Desa Cantik Di Matim.

  • Whatsapp

 

Borong, NTT//si.com- Bupati Manggarai Timur Andreas Agas melaksanakan acara Launching Dua Desa Cantik di Kabupaten Manggarai Timur bertempat di Aula Rumah Jabatan Bupati di Borong, pada Kamis (24/06/2021).

Kegiatan itu dihadiri oleh unsur OPD terkait, Prokopoim, Camat Rana Mese, Camat Borong, Kepala BPS Kabupaten Manggarai Timur, Kepala BPS NTT, Kepala Desa Watu Mori, Kepala Desa Nanga Lanang, Kadis PMD, dan Kadis P2KBP3A.

Desa Cantik di Kabupaten Manggarai Timur terletak di Desa Nanga Labang, Kecamatan Borong dan di Desa Watu Mori, Kecamatan Rana Mese, kedua Desa tersebut ditetapkan sebagai Desa Cantik.

Dalam sambutannya, Bupati Agas menyampaikan kedua Desa ini diharapkan menjadi Desa percontohan atas penyelenggara data sektoral yang lebih terstruktur, lebih terencana, lebih cepat, lebih mudah dan lebih berkualitas dimasa yang akan datang.

“Jaman sekarang ini, segala sesuatunya harus berbasis data, termasuk perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan. Desa akan maju jika semua kegiatan dimulai dengan data. Saya berharap BPS bersungguh-sungguh mendampingi Desa dalam pelaksanaan program ini, terutama dalam pemahaman mengenai pencatatan dan statistik”, Ungkap Bupati Agas.

Lebih lanjut Bupati Agas menyampaikan bahwa pencatatan adalah sebuah keharusan untuk mendapatkan data yang akurat.

“Kita harapkan dengan Program Desa Cantik semua kejadian, Semua orang harus memiliki kesadaran bahwa segala kejadian dan kegiatan adalah penting, semua perubahan data harus terekam, untuk ini dibutuh kemauan yang kuat dan tenaga ekstra, apalagi jumlah SDM kita terbatas. Jadi Desa Cantik bukan sekedar membuat tabel tapi yang utama ini adalah masalah mindset”, Tutupnya.

Dikesempatan itu juga, Kepala BPS Manggarai Timur Angela Regina Maria Wea menyampaikan, Desa Cantik adalah salah satu program percepatan (quick win) mandiri Reformasi Birokrasi Badan Pusat Statistik Tahun 2021. Quick Wins yaitu program yang bisa memberikan contoh kepada kita atau aksi nyata tentang bagaimana mengelola

“Desa Cantik dan dengan upaya yang kecil dan waktu yang singkat sekitar tiga bulan sudah bisa berjalan. Quick Wins disebut Program Unggulan atau langkah awal, sehingga Desa Cantik merupakan Program Unggulan BPS atau langkah awal BPS pada tahun 2021”, Jelas Angela.

Sedangkan Kepala BPS Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Darwis Sitorus Msi. SSi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Indra Ahmad, STT, M.Si, selaku Statistisi Madya pada BPS Provinsi NTT menyampaikan apresiasinya kepada Pemda Matim.

“Saya melihat antusiasme yang sangat tinggi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur dalam hal ini Acara Launching Desa Cantik di Kabupaten Manggarai Timur telah menghadirkan nuansa sinergitas yang sungguh istimewa dan berbeda sebagai sebuah terobosan dalam mewujudkan kedaulatan Data dari Desa”, Tutupnya

Berita : Dody Pan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *