Saat Melantik 15 Panwascam, Ada Pesan Mendalam Dari Ketua Bawaslu PALI, Begini Yang Dia Sampaikan


11 shares

PALI – Setelah melalui proses panjang nan rumit serta persaingan yang begitu ketat, kini tibalah saatnya 15 orang pendaftar yang memenuhi syarat sebagai anggota Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam) se- kabupaten PALI resmi diambil sumpah jabatannya oleh Ketua Bawaslu PALI, Lestrianti. Pada Jum’at (24/05/2024).

Pelantikan pembacaan ikrar sumpah jabatan sebagai Panwascam berlangsung dengan hikmat dan lancar di Aula Cafe D’star Beracung, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI Provinsi Sumatera Selatan dihadiri oleh sejumlah pejabat penting termasuk Asisten 3 Setda PALI, Haryono, SH, MH, yang mewakili Bupati PALI, Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM.

Pelantikan ini juga dihadiri oleh anggota Bawaslu PALI, Ferdinand Marcos dan Fikri Ardiansyah, Koordinator sekretariat Bawaslu PALI, Adi Kurniawan, serta perwakilan dari Polres PALI, Koramil Talang Ubi, serta Camat dari lima kecamatan yang ada di kabupaten PALI.

Dari 15 orang Panwascam yang dilantik, di Kecamatan Talang Ubi terdapat Johan Saputra, Arismin, dan Stepy Capriaty. Sementara di Kecamatan Penukal Utara, anggota yang dilantik adalah Anton Afrizon, Iwan, dan Febriansyah.di Kecamatan Penukal ada Alamsyah, Hasenzah, dan Mediansyah, di Kecamatan Abab ada Aminudin Siswanto, Busairi, dan Indra Bakti. Kecamatan tanah abang Adi Munif, Heri Jumanto, dan Supri Indrayadi.

Usai melantik 15 orang Panwascam dari lima kecamatan itu Ketua Bawaslu PALI, Lestrianti, menekankan pentingnya integritas dan kerja keras dalam menjalankan tugas sebagai Panwascam. Menurut nya komitmen untuk bekerja jujur, adil, dan berintegritas adalah kunci dalam melahirkan pemimpin yang amanah.

Sebagai ketua badan pengawas di tingkat kabupaten, Lestrianti mengucapkan selamat kepada seluruh Panwascam yang baru saja diambil sumpah jabatan, dia pun berpesan untuk menjalankan tugas dengan penuh semangat dan tanggung jawab demi tercapainya pemilihan kepala daerah yang jujur bersih dan kondusif.

Baca juga:  Fikri Sampaikan Peran Pengawasan Bawaslu Terkait Rekrutmen Pantarlih 

“Hari ini adalah momen penting dalam upaya kita menjaga integritas dan keadilan pemilihan kepala daerah di Kabupaten PALI. Sebagai anggota Panwascam, kalian memiliki tugas mulia untuk mengawasi setiap tahapan pilkada di tingkat kecamatan, memastikan bahwa semua proses berjalan dengan jujur, adil, dan transparan.Tanggung jawab yang kalian emban tidaklah ringan,

Pengawasan yang kalian lakukan akan sangat menentukan kredibilitas hasil pemilu dan kepercayaan masyarakat terhadap demokrasi di negeri ini. Oleh karena itu, saya ingin mengingatkan beberapa hal penting, yaitu Integritas dan Profesionalisme, Jalankan tugas kalian dengan integritas dan profesionalisme yang tinggi. Hindari segala bentuk intervensi dan praktik tidak jujur yang bisa merusak proses pemilu. Selanjutnya Netralitas, Panwascam harus menjaga netralitas. Jangan pernah berpihak pada salah satu peserta pemilu,

Kepentingan bangsa dan negara harus berada di atas segala kepentingan pribadi atau golongan. Kemudian kerjasama dan koordinasi, Bangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan semua pihak terkait, termasuk KPU, aparat keamanan, dan masyarakat. Kerjasama yang solid akan memudahkan kalian dalam menjalankan tugas pengawasan. Kemudian Kuasai dan pahami peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait pilkada. Dengan memahami aturan, kalian akan lebih mudah dalam mengidentifikasi pelanggaran dan mengambil langkah yang tepat,

Kemudian Ingatlah bahwa kalian adalah pelayan publik. Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan informasi atau melaporkan pelanggaran pilkada. Kami percaya bahwa kalian mampu menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Jaga nama baik Bawaslu dan junjung tinggi nilai-nilai demokrasi. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan petunjuk-Nya kepada kita semua dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab ini.”ucap Ketua Bawaslu Kabupaten PALI ditengah hadirin yang tertegun menunduk mendengarkan dengan seksama.

Baca juga:  Pejabat Bupati PALI Tinjau RS Pratama Dan Candi Bumi Ayu, Di Kecamatan Tanah Abang.

Untuk diketahui, dari informasi yang awak media ini dapat. Proses perekrutan anggota Panwascam kali ini dilakukan melalui dua cara eksisting dan penerimaan baru. Dari 15 anggota yang dilantik, 12 di antaranya merupakan anggota lama yang terpilih kembali setelah melalui evaluasi kinerja, sedangkan tiga orang lainnya adalah anggota baru.

Kemudian, dikesempatan itu, Asisten Administrasi Umum Setda PALI, Haryono, SH, MH, mengapresiasi kerja keras Bawaslu PALI dalam membentuk dan melantik Panwascam. “Kami sangat mengapresiasi Bawaslu PALI yang telah melaksanakan tahapan demi tahapan dengan baik. Pemkab PALI mendukung penuh dan memberikan bantuan keuangan melalui hibah kepada Bawaslu PALI,” tuturnya.

la juga mengingatkan pentingnya pembekalan aturan secara lengkap kepada anggota Panwascam agar mereka dapat menjalankan tugas dengan baik dan tidak merasa canggung. Dengan dilantiknya anggota Panwascam yang baru, diharapkan Pilkada PALI 2024 dapat berlangsung dengan tertib, aman, dan terkendali, serta menghasilkan pemimpin yang amanah dan berkualitas.

Penulis: Eddi Saputra.


Like it? Share with your friends!

11 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Seeet✋, Tidak boleh Copas, Izin dulu pada yg punya Media.🤛🤛👊