PT.BAS : gandeng BumDes “Barokah” desa Keban agung , reklamasi lahan pasca tambang

  • Whatsapp

Muara Enim// SI.Com–,PT.Bara Anugrah Sejahtera Site Muara Enim melakukan penanaman lahan pasca tambang, dengan bekerja sama dengan BumDes desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim, kegiatan tersebut berjalan lancer, sukses dan menuai apresiasi dari berbagai pihak.

Acara peresmian Penanaman Reklamasi diwilayah Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) PT.BAS bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Keban Agung dilangsungkan, Kamis 18/11/21

Acara ini digagas oleh team Departement HSE , Mas Mualim selaku Kepala Departement HSE, didampingi Wulan, Rati Ratnasari, dan Yudi di area Reklamasi, saat dibincangi awak media Mas Mualim Mengatakan :’’ Acara ini sengaja digelar untuk memenuhi ketentuan Perundang-Undangan yang berlaku yaitu UU No.3 Tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

“Dalam melaksanakan seluruh tahapan usaha pertambangan, PT. Bara Anugrah Sejahtera terus mengedepankan diterapkannya Kaidah Pertambangan Yang Baik sebagaimana diatur dalam UU Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. Salah satu aspek dalam Permen tersebut adalah Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan, Reklamasi dan Pascatambang serta Pascaoperasi” ujar Mas Muslim

Aris Studi Palimbunga selaku Kepala Teknik Tambang (KTT) PT. Bara Anugrah Sejahtera dalam sambutan pada Acara Pembukaan Penanaman Reklamasi di wilayah IPPKH tersebut, Kamis 18-11-2021.

PT. Bara Anugrah Sejahtera juga terus mengedepankan sinergi dengan masyarakat sekitar dalam tahapan operasinya. Salah satu bentuk sinergi tersebut adalah melakukan kerja sama penanaman area reklamasi di wilayah Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) PT. BAS.

Rencana luas area reklamasi PT. Bara Anugrah Sejahtera di wilayah IPPKH adalah 66 Ha. Seluruh area tersebut diharapkan dapat direklamasi secara penuh sampai akhir Tahun 2022. Dalam tahap ini telah disiapkan lahan seluas 9 Ha untuk kegiatan penanaman kembali.

Bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa “Barokah” Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan, PT. BAS akan melakukan kegiatan penanaman di lahan seluas 4 Ha. Kegiatan tersebut akan diikuti dengan pemeliharan dan perawatan tanaman hingga tingkat pertumbuhan yang memadai sesuai persyaratan yang berlaku.

Dengan kerja sama ini diharapkan terjadi transfer ilmu dan pengetahuan kegiatan reklamasi kepada masyarakat sekitar sebagai wujud pemenuhan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat khususnya Desa Keban Agung.

Acara dihadiri oleh Camat Lawang Kidul yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan Bapak Mukhtamiri.S.AP. Dalam sambutannya Kasi Pemerintahan Bapak Mukhtamiri, S.AP menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PT.BAS atas Partisipasinya dalam mengajak serta masyarakat diwilayahnya untuk turut serta dalam Program Reklamasi Pascatambang dengan menggandeng Bumdes “Baraokah” Desa Keban Agung, kedepan diharapkan program reklamasi ini dapat mengangkat perekonomian masyarkat diwilayahnya.

Kades Keban Agung Bapak Fajrol Bahri mengungkapkan hal yang sama dalam sambutannya Beliau mengatakan Terima kasih kepada PT.BAS yang sudah melibatkan warganya dalam program reklamasi, kedepan program ini diharapkan bisa berkelanjutan dengan mengajak serta dalam program-program lain yang bisa kita kerjakan oleh warganya melalui wadah BUMDES “Barokah”.

Acara ditandai dengan penanaman pohon sengon oleh Bapak Aris Studi Palimbunga selaku KTT, penanaman pohon buah Cempedak Oleh Bapak Kades Keban Agung Fajrol Bahri, Penanaman Pohon Trembesi Oleh bapak Mukhtamiri mewakili Camat Lawang Kidul, Penanaman Pohon Akasia oleh Ibu Indrisari selaku Kepala Departeman HCGS dan penanaman Pohon Nangka oleh Bapak Wahyu Wibowo selaku kepala Departeman Engineering.

Menutup semua rangkaian kegiatan Penanaman reklamasi ini dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, dipimpin oleh H. Akwam selaku Humas, agar kiranya diberikan Kesehatan, keselamatan, kesuksesan dan keberkahan dalam bekerja. Aamiin.

( ril/ Akwam dan Tim Humas /ak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar