Jumat Bersih ini Yang Di Lakukan Pemdes Suka Mulya


100 shares

Banyuasin POS42 news//Aksi Jumat bersih yang dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Suka Mulya Kecamatan Banyuasin III kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan diisi dengan pembersihan saluran drainase di sepanjang jalan Desa Suka Mulya.

Dengan menggunakan peralatan seadanya, cangkul, skop dan karung, para para Perangkat Desa Suka Mulya sibuk gotong royong membersihkan saluran drainase dari sampah dan tanah yang sudah mengendap bertahun-tahun.

sejumlah perangkat desa mengeruk tanah yang mengendap di saluran drainase. Aksi pembersihan drainase dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Pembersih drainase ini dilakukan menyusul kejadian air hujan yang seharusnya mengalir melalui saluran drainase justru membludak ke badan jalan.

Para perangkat desa nampak sibuk mencuangkul, dan mengakat sampah serta tanah yang menumpuk di dalam saluran drainase. Aksi pembersihan saluran drainase dilakukan untuk membuat jalan dalam Desa Suka Mulya lebih bersih serta untuk mencegah banjir yang disebabkan saluran drainase tersumbat sampah.

“Aksi pembersihan saluran drainase ini merupakan perintah pak Kades Firmansyah agar jalan dalam desa lebih bersih dan mengantisipasi banjir akibat saluran drainase tersumbat. Dengan saluran drainase yang bersih, tentunya air hujan yang turun akan mengalir lebih lancar dan tidak meluap ke badan jalan,” ujar salah seorang perangkat desa.

Di Terpisah, Kades Suka Mulya Firmansyah mengatakan, pembersihan saluran drainase dilakukan untuk memastikan tidak ada saluran drainase yang tersumbat sampah. Hal ini dimaksudkan agar ketika hujan turun, air hujan bisa mengalir melalui saluran drainase dan tidak meluap ke badan jalan atau pemukiman rumah warga.

“Beberapa hari lalu ada kejadian akibat saluran drainase tersumbat sampah, air hujan yang seharusnya mengalir di dalam selokan, justru meluap ke badan jalan karena selokan air tersumbat sampah. Oleh sebab itu, kita galakan aksi pembersihan saluran drainase sehingga peristiwa tersebut tidak terulang lagi,” jelas dia.

Tidak hanya itu, lanjut Firmansyah, kerja bakti yang dikemas dengan Jum’at bersih ini sudah menjadi program Pemdes Suka Mulya dimana setiap Jum’at diadakan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan desa.

Menurut Firmansyah, kerja bakti membersihkan lingkungan dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan rumput. Tentunya, tujuan dari program gotong royong ini untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, sehingga masyarakat dapat tinggal di lingkungan yang bersih dan nyaman.

“Program kegiatan Jumat bersih ini merupakan wujud dari Pemdes Suka Mulya dalam mendukung salah satu program Bupati yakni Gorong. Juga hal ini sebagai rangsangan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan untuk menuju keluarga yang lebih sehat,” ungkap dia.

Sebab lanjut Firmansyah, dengan lingkungan yang bersih dan sehat maka suasana di sekitar masyarakat, kantor atau tempat kerja juga akan terasa nyaman serta kantor juga terawat dengan baik.

“Seperti diketahui bahwa Kebersihan itu sebagian dari Iman, Bersih itu indah, bersih itu berkah, lingkungan yang bersih itu membuat kita terasa nyaman, lingkungan yang bersih itu untuk kepentingan hidup sehat,” tandas dia

Karya;

(P)


Like it? Share with your friends!

100 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.