Home » Informasi » Sosialisasi Bawaslu PALI dalam Pengawasan Dan Partisipasi Masyarakat Pada Tahapan pilkada 2020.

Sosialisasi Bawaslu PALI dalam Pengawasan Dan Partisipasi Masyarakat Pada Tahapan pilkada 2020.

Penukal Abab Lematang Ilir//SI.com—
Agenda Sosialisasi pengawasan partisipasi pada tahapan pilkada hari ini digelar bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam ikut serta melakukan pengawas dalam kampanye pilkada Kabupaten PALI yang tahapanya sudah di mulai ,jelas komisioner Bawaslu Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Iwan Dedi S.Kom MM. Saat membuka resmi Acara sosialisasi pengawasan tahapan pilkada.

Apabilah ada temuan pelanggaran dalam Pilkada PALI 2020, masyarakat memiliki hak untuk melapor ke Bawaslu dengan membawa bukti bukti apa yang menjadi temuan tersebut, karena pengawasan partisipatif merupakan salah satu bentuk pengawasan yang dilakukan masyarakat.
Hal ini disampaikan Iwan Dedi, Divisi Pengawasan Dan Hubungan Antar Lembaga Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten PALI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif yang digelar Bawaslu kabupaten PALI, pada Rabu 07/10/2020

“Jadi masyarakat punya hak untuk melaporkan jika terjadi pelanggaran, seperti adanya money politic, pelanggaran terhadap protokol kesehatan, dan pelanggaran yang lain, Karena, pilkada bukan hanya untuk suatu golongan, tapi untuk seluruh masyarakat Pali,” kata Iwan Dedi.
Dalam kesempatan itu, dia meminta kerjasama semua masyarakat PALI, untuk bersama-sama mengawasi jalannya Pilkada PALI.
Menurutnya, tanpa ada keikutsertaan dari masyarakat, dalam pengawasan terhadap pilkada ini, maka tidak akan maksimal, karena keterbatasan jumlah pengawas.
Dia juga menyampaikan, supaya masyarakat tidak langsung percaya dengan berita hoax yang belum pasti sumber dan kebenarannya, menurut Iwan Desi, ada baiknya diverifikasi terlebih dahulu, dan diharapkan masyarakat untuk bisa meredamnya karena issue hoax, adalah suatu bentuk provokasi yang tidak benar.”Tutup Iwan Dedi.


Di saat yang bersamaan Zulkipli Lubis SSTP MM.
dari Kesbangpol Kabupaten PALI mengambil tema pendidikan politik ,dalam tesisinya mengatakan pendidikan politik kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara jelasnya

Acara yang di rencanakan berlangsung sehari ini di hadiri juga perwakilan selretariat Bawaslu Kabupaten PALI Adi Kurniawan yang di hadiri perwakilan toko masyarakat ,toko agama ,organisasi pemuda dan masyarakat umum.

Red,

Eddi s.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*