Sehari Usai Bimtek, PPS Se-Kecamatan Tanah Abang Gerak Cepat Umumkan Pendaftaran Pantarlih


10 shares

PALI – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) pemutakhiran data pemilih kepada PPK dan PPS Kecamatan Tanah Abang dan Kecamatan Abab di Balai pertemuan Rumah Dinas Bupati PALI pada Rabu (12/06/2024).

Sehari Usai Bimtek, PPS Se-Kecamatan Tanah Abang langsung dengan sigap melakukan penempelan kertas pengumuman pendaftaran pantarlih Bersama PKD Desa masing-masing yang ada di 17 desa dalam Kecamatan Tanah Abang pada Kamis (13/06/2024).

Hal itu mulanya terpantau oleh awak media ini di Desa Lunas Jaya, PPS bersama Sekretariat dan PKD melakukan penempelan kertas pengumuman di tempat-tempat umum yang mudah terpantau oleh masyarakat, ketika ditanya kepada ketua PPS nya, Riyan Aswari, S.Kom menjawab, “Selaku Petugas Pemungutan Suara kami bersama Sekretariat dan PKD melakukan penempelan kertas pengumuman pendaftaran Pantarlih,”ujar Riyan Aswari.

Dia menjelaskan, Nantinya Petugas pemutakhiran data pemilih atau Pantarlih yang merupakan badan ad hoc yang memiliki peranan penting dalam menyukseskan Pilkada serentak 2024. Pantarlih direkrut oleh PPS atas nama KPU Kabupaten.

TPS dengan 400 pemilih ke atas akan diisi 2 orang pantarlih, sedangkan TPS dengan jumlah pemilih di bawah 400 hanya akan diisi 1 orang pantarlih. dan Pantarlih sendiri bisa berasal dari perangkat desa atau masyarakat umum yang tinggal sekitar TPS. Kemudian, ada beberapa tugas dan kewajiban yang bakal diemban oleh Pantarlih.

Tugas dan kewajiban Pantarlih Pilkada serentak 2024 bisa dilihat PKPU Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Ad hoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan selengkapnya.

Ketua PPK Kecamatan Tanah Abang, Leo Candra didampingi Anggota PPK, Taufik Wijaya, Abu Rizal, Ari Erlangga dan Seprizal mengapresiasi atas kinerja PPS yang ada di Kecamatan kecamatan Tanah Abang, mereka pun mengucapkan terimakasih dengan gerak cepat penyelenggara tingkat desa dalam menjalankan tugas.

Baca juga:  Soal Penetapan TSK 2 ASN di PALI, Ini Pandangan Praktisi Hukum 

“Alhamdulillah hari ini PPS di 17 Desa yang ada di kecamatan Tanah Abang secara serentak melakukan penempelan pengumuman terkait rekrutmen Pantarlih/PPDP untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024. Kami PPK Kecamatan sebagai perpanjangan tangan KPU Kabupaten PALI mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi dedikasi mereka, semoga semua berjalan lancar,”ungkap Leo.

Panwascam Tanah Abang, dimintai tanggapan nya, Supri Indrayadi menjelaskan bahwa PKD di setiap desa sudah tau tugas dan pungsi, mereka sudah diberi pemahaman sehingga mereka akan melaksanakan pemantauan setiap tahapan yang dilaksanakan PPS,

“Sesuai tahapan KPU hari ini PPS mengumumkan pendaftaran pantarlih dan kita selaku pengawas memastikan apakah penempelan di tempat yang mudah di lihat dan di baca oleh masyarakat umum, dan Alhamdulillah semua berjalan dengan baik,”ujar ketua Panwascam Tanah Abang.

Eddi Saputra.


Like it? Share with your friends!

10 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Seeet✋, Tidak boleh Copas, Izin dulu pada yg punya Media.🤛🤛👊