Pj. Bupati Nyatakan Banyuasin Siap Sukseskan Pelaksanaan Pemilu 2024


Redaksi sarana informasi.com

Rambutan, Si.com//Penjabat Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH., MH menghadiri Rapat Koordinasi Forkopimda Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten/Kota Se-Sumatera Selatan Tahun 2023 dalam pembahasan “Teknis Pelaksanaan dan Potensi Masalah Pada Pemilu Tahun 2024,” digelar di Hotel Whydam, Jakabaring, Kecamatan Rambutan, Kamis (21/09).

Bertujuan membahas teknis pelaksanaan yang akan dilakukan pada pemilu 2024 dan potensi masalah yang akan ditemukan serta bagaimana teknis penyelesaiannya. Oleh sebab itu diadakan rapat pembahasan untuk menanggulangi permasalahan yang akan dihadapi dan bagaimana penyelesaian yang akan dilakukan guna mensukseskan pemilu 2024.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumsel, Dr. H. M Alfajri Zabidi, S.Pd., MM., M.P. D.i. menyampaikan agar semua Kepala Badan Kesbangpol Se-Sumatera Selatan siap menyatukan kesamaan regulasi dalam pelaksanaan pemilu mendatang. “Penyamaan regulasi ini tentu atas arahan pimpinan di daerah masing-masing agar di Sumsel zero konflik,” katanya.

Sama halnya dengan arahan Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, SH., MM. Beliau meminta kepada seluruh jajaran Forkopimda, Bupati/Walikota Provinsi Sumsel, Ketua KPU, Bawaslu dan Kesbangpol Se-Sumatera Selatan agar bersama mensukseskan dan mengamankan pemilihan legislatif dan Presiden Republik Indonesia agar Pemilu 2024 berjalan lancar di daerah kita masing-masing.

“Gunakan sebaik mungkin rapat ini untuk berdiskusi dan menyampaikan makalah setiap kabupaten yang sesuai dengan keadaan wilayah masing-masing. Sumsel sendiri masuk dalam kategori baik “Zero Konflik” dalam pelaksanaan pemilu 2024. Tapi saya harap hal ini tidak menjadi kita jumawa karena suhu politik saat ini tidak dapat kita deteksi, banyak hal yang akan berubah dalam hitungan hari,” pesan Herman Deru.

“Kita sebagai Pejabat dan Pimpinan bukan sekedar memahami tapi juga turun langsung melihat keadaan dan lebih banyak berdiskusi dalam menyatukan frekuensi. Saya minta untuk terus update regulasi terakhir pelaksanaan pemilu 2024 agar kita selalu siap dan meminimalisir pelanggaran yang kadang terjadi di lapangan agar zero konflik dapat kita pertahankan,” harapnya.

Baca juga:  DPC. JPKP Kecamatan Lawang Kidul Ikuti Rakernas Ke - VII di TMII Jakarta

Herman Deru menghimbau kembali bahwa pelaksanaan rakor ini dalam wacana penyamaan dan memaksimalkan zero konflik pelaksanaan pemilu di Sumatera Selatan agar semua jajaran pimpinan mengawal pemilihan dan menyelesaikannya dengan sangat baik.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumsel, Amrah Muslimin, SE., M.Si menyampaikan bahwa Nopember 2023, calon pemilu tetap DPR akan diumumkan. Setiap Kabupaten akan kita tetapkan Dapil yang akan memperebutkan 720 kursi. Sumsel akan menjadi salah satu target pemenangan calon presiden mendatang. Calon pemilih untuk lansia (74 thn keatas) berjumlah 125.019, Gen z (17-24 thn) berjumlah 1.192.024, Milenial (25-40 thn) berjumlah 2.230.181, Gen X (41-56 thn) berjumlah 1.827.851, dan Baby Boomer (57-75 thn) 951.273.

Didampingi oleh Kapolres Banyuasin, Dandim 0430 Banyuasin, Kajari Banyuasin, Kepala Kesbangpol Kabupaten Banyuasin, Ketua KPU Banyuasin, Ketua Bawaslu Banyuasin, Pj. Bupati H. Hani Syopiar Rustam menyampaikan kesiapan Pemerintah Kabupaten Banyuasin dalam mesukseskan pelaksanaan pemilu 2024.

“Setelah mengikuti rakor tadi, jelas sekali yang telah dipaparkan oleh Gubernur Sumatera Selatan, Bapak Herman Deru bahwa di Sumsel ini dalam pelaksanaan pemilu selalu menjadi lokasi pemilihan yang terkategori baik yakni “Zero Konflik”, untuk itu hari ini kita rapat menyamakan pandangan atau persepsi dalam teknis pelaksanaan dan pengamanan pemilu 2024,” jelasnya.

Suami dari ibu Maria Ivone ini menyatakan kesiapan Pemkab untuk menciptakan suasana kondusif dalam pelaksanaan pemilu serta akan diadakan rapat internal untuk pengamanan dan teknis pelaksanaan bersama dengan KPU, Bawaslu, Kejaksaan, Dinas Kesbangpol dan semua OPD yang ada di Pemkab Banyuasin.

Pemkab Banyuasin akan mempersiapkan dan memantau TPS yang ada di tapal batas Kabupaten Banyuasin. Bersama jajaran kepolisian akan kita sukseskan pengamanan pemilu 2024 dan sukseskan ketertiban serta kelancaran pelaksanaan sampai mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan bersama.

Baca juga:  Reskrim Polres OKUS Bekuk Tersangka Pencabulan Anak Di Wilayah Hukum Polda Metro

Editor Pahrul Ed šŸ‡®šŸ‡©


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JANGAN COFAS NANTI JADI KEBIASAAN