Perusahaan Dari Vietnam Jalin Kerjasama dengan Sumatera Selatan


Redaksi sarana informasi.com

Palembang, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengelar diskusi terkait pengelolaan air bersih. Diskusi yang diselenggarakan di Griya Agung Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan ini dihadiri oleh delegasi Vietnam Watter Supply and Sewerage Association (VWSA). Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin, Ir. Erwin Ibrahim, ST.,MM., MBA., IPU ASEAN Eng hadir bersama sejumlah sekda dari seluruh Kabupaten Kota di wilayah Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (22/6/2024).

Chairman Vietnam Watter Supply and Sewerage Association (VWSA), Dr. Nguyen Ngoc Diep, memaparkan peluang kolaborasi kerjasama dalam industri air bersih yang bisa dilakukan antara Pemrov Sumsel dan Vietnam. Dia mengatakan antara Vietnam dan Indonesia telah melakukan bekerjasama sejak beberapa tahun sebelumnya. Selain itu kondisi Indonesia dengan populasi lebih besar dan ekonomi 4x lebih kuat tentunya menjadi saya tarik tersendiri bagi investor dari Vietnam. Karenanya dia berharap kedatangan mereka pada akhirnya dapat membuahkan terjalinnya kerjasama antara kedua belah pihak.

Pj. Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni, yang juga Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, menjelaskan bahwa peluang kerjasama ini telah dijajaki sejak jauh hari. Dijelaskannya pada 7 hingga 10 maret 2024 lalu Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bersama Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri melakukan kunjungan ke Vietnam. Karenanya kunjungan VWSA kali ini merupakan kunjungan balasan sebagai bentuk keseriusan kerjasama yang akan dijalin.

Lebih lanjut Agus Fatoni menjelaskan di Sumatera Selatan selain PDAM Tirta Sriwijaya maju (TSM) ada 17 perusahaan air minum lainnya di 17 Kab/Kota dalam wilayah Sumatera Selatan. Dan diketahui di Vietnam tata kelola perusahaan air minum sangat baik, tingkat kebocoran berkisar 0 – 5 % sementara di wilayah Sumatera Selatan mencapai 33%. Untuk itu beliau berharap pertemuan ini nantinya dapat di tindaklanjuti dengan penandatanganan MoU.

Baca juga:  PD IWO Banyuasin Peduli Berbagi di Suasana Tahun Baru Islam

Sementara itu Sekda Kabupaten Banyuasin menjelaskanPemprov Sumsel berinisiasi bekerjasama dengan VWSA untuk mewujudkan pengelolaan air bersih regional untuk Sumatera Selatan melalui BUMD Pemprov Sumsel yg bergerak di bidang water treatment/ pengelolaan air bersih yaitu PT.Tirta Sriwijaya Maju. PT. TSM akan membantu kab/kota untuk memperbaiki infrastruktur perpipaan dan pengelolaan air baku

Kerjasama dimulai dari Kabupaten Banyuasin yg telah menandatangani MOU dengan PT. TSM
“Banyuasin menjadi yang pertama di Sumsel” Ujar Erwin.

Dengan nilai investasi mencapai 75M, kerjasama ini akan membangun jalur perpipaan di wilayah Kecamatan Talang Kelapa. “Rencanya akan dilaksanakan di Sukajadi, Talang Kelapa, dan kenten” Urainya.

Turut hadir dalam kegiatan Ketua Perpamsi (Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia) Lalu Ahmad Zaini. Sekretaris Bappeda Litbang Kabupaten Banyuasin yang juga Plt. Direktur Utama PDAM Tirta Betuah, Zainal Makmun, S.Sos.,MM. Dan jajaran direksi PDAM di wilayah Sumatera Selatan.

Editor Pahrul Edi


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Seeet✋, Tidak boleh Copas, Izin dulu pada yg punya Media.🤛🤛👊