Peringati Hari Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Kabupaten Banyuasin Buka Layanan Uji Emisi Gratis


11 shares

Redaksi sarana informasi.com

Pangkalan Balai – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) Tahun 2024, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyuasin menyelenggarakan uji emisi gratis untuk kendaraan roda empat. Pada kegiatan ini Pj. Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH diwakili Sekretaris Daerah Ir. Erwin Ibrahim, ST.,MM.,M.BA.,IPU.,ASEAN Eng secara resmi membuka kegiatan uji emisi kendaraan Dinas milik Kepala OPD dan Camat yang bertempat di Halaman Kantor Dinas DLH, Jumat (7/6).

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyuasin menyiapkan uji emisi kendaraan dibagi menjadi dua sesi ada yang pagi dan siang pengecekan emisi gas kendaraan ini dilakukan secara gratis. Proses emisi ini dibagi menjadi dua pemeriksaan difokuskan untuk kendaraan berbahan bakar premium dan kendaraan solar.

Sekretaris Daerah Ir. Erwin Ibrahim menyampaikan, uji emisi ini adalah rangkaian dari peringatan hari lingkungan hidup sedunia, Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Dinas Lingkungan Hidup berinisiasi untuk melakukan uji emisi kendaraan dinas. Bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan hidup terutama dari kendaraan bermobil, jadi ini pemicu atau trigger satu langkah kita menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Banyuasin serius untuk menjadikan lingkungan hidup yang layak, sesuai dengan sustainable development goals yang mana 17 isinya merupakan tuntutan masyarakat dunia yang wajib dilaksanakan oleh Pemerintah diseluruh dunia, sebagai agenda dunia pembangunan untuk perdamaian serta kemakmuran manusia sekarang dan masa depan.

“Melalui uji emisi ini pemilik kendaraan mengetahui kualitas mesinnya, karena apabila pembakarannya tidak sempurna uji emisinya tidak lulus. Fungsi dari uji emisi yaitu untuk melihat apakah polutan yang dikeluarkan oleh kendaraan itu memenuhi baku mutu atau tidak juga untuk menjaga kualitas lingkungan serta udara di Kabupaten Banyuasin,” jelas Sekda.

Baca juga:  Penangkapan Terduga Pengedar Sabu oleh Satnarkoba Polres Cilegon

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyuasin Dr. Zazili Mustopa, SE.,M.SI menyatakan bahwa uji emisi kendaraan bermobil yang diselenggarakan dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia, banyak rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh DLH Kabupaten Banyuasin antara lain pemeriksaan emisi kendaraan dinas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Banyuasin, kegiatan pembersihan lingkungan di Kecamatan Talang Kelapa Desa Gasing, kegiatan penanaman pohon dilingkungan Kota Pangkalan Balai, dan kegiatan puncaknya akan digelar di Graha Sedulang Setudung hal ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan hidup yang aman, nyaman, asri sehingga bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Kabupaten Banyuasin sehingga bisa meningkatkan kesehatan serta kualitas hidup.

“Kegiatan ini juga sebagai salah satu langkah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mengukur dan mengendalikan pencemaran udara di Kabupaten Banyuasin yang bersumber dari kendaraan mobil. Adanya uji emisi ini kendaraan kali ini dapat mengurangi pencemaran udara dari sektor transportsi darat, semoga semua rangkaian yang kita laksanakan bisa bermanfaat untuk masyarakat,” ungkapnya.

Editor Pahrul Edi


Like it? Share with your friends!

11 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Seeet✋, Tidak boleh Copas, Izin dulu pada yg punya Media.🤛🤛👊