Jelang Idul Fitri, Polres PALI Gelar Apel Cek Kesiapan Pasukan 


114 shares

PALI//si.com– Untuk memberikan rasa aman, nyaman dan terhindar dari penyebaran covid-19 saat merayakan hari raya Idul Fitri, Polres PALI bersama Pemkab PALI dan TNI Gelar Apel dak cek kesiapan pasukan di halaman Markas Polres PALI, Rabu (05/05/2021).

Kegiatan Gelar pasukan tersebut dipimpin langsung Penjabat Bupati PALI DR H Rosidin Hasan Mpdi diikuti Kapolres PALI AKBP Rizal Agus Triadi bersama jajaran, TNI, Satpol.PP, Dishub, BPBD, Damkar, Dinkes dan Pramuka di kabupaten PALI.

Dalam apel itu, PJ Bupati membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Menurutnya, ada tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan apel gelar pasukan. Pertama, untuk mengecek kesiapan personel, peralatan, dan seluruh aspek operasi, termasuk sinergisitas dan soliditas komponen penyelenggara.

Kedua, apel gelar pasukan diselenggarakan dengan maksud untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik, sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman, dan nyaman bagi masyarakat.

Ketiga, apel gelar bertujuan untuk menyatukan persepsi pihak yang akan melaksanakan operasi penyekatan di perbatasan-perbatasan pintu masuk Kabupaten PALI, karena adanya pos yang terletak di 2 titik yaitu pos penyekatan di perbatasan PALI-Muara Enim dan pos pengamanan Simpang 5 Talang Ubi.

Untuk pos penyekatan tersebut berfungsi untuk memeriksa ataupun melarang para pemudik yang akan melaksanakan mudik baik yang akan masuk ataupun keluar dari Kabupaten PALI, begitupun untuk pos pengamanan juga ditujukan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dab kamseltibcar lantas.

“Akhir-akhir ini, tren kasus covid-19 di Indonesia naik, ini karena meningkatnya aktivitas masyarakat dalam menyambut hari raya. Untuk mencegah melonjaknya kasus covid-19, maka pemerintah melarang mudik, ini merupakan tahun kedua pemerintah mengambil kebijakan itu. Sebab kalau tidak dilarang maka akan banyak warga bergerak mudik dan akan menjadi kluster baru penyebaran kasus covid yang saat ini sudah banyak variannya,” terang Bupati saat menyampaikan amanatnya pada gelar pasukan Ops Musi Ketupat,

Rosidin Hasan juga menambahkan, “Prioritaskan operasi ketupat ini secara humanis agar masyarakat benar-benar melaksanakan protokol kesehatan, tindak tegas yang melanggar supaya masyarakat bisa melaksanakan hari raya idul fitri dengan rasa aman dan nyaman terhindar dari covid-19,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolres PALI AKBP Rizal Agus Triadi menyatakan bahwa pihaknya telah mendirikan posko penyekatan di beberapa titik, salah satunya di Talang Bulang dan Simpang Lima Pendopo.

“Operasi ini dilaksanakan selama 12 hari. Kita kerahkan personil gabungan untuk memantau dan mengamankan jelang lebaran. Tindakan tegas berupa memutar balik bagi warga yang nekat mudik. Setiap warga yang masuk PALI harus menunjukkan hasil rapid antigen. Bukan hanya dari luar PALI yang kita pantau, tapi antar kecamatan juga kita pantau agar masyarakat aman dan sehat saat merayakan hari raya Idul Fitri,” Tutupnya.

Tim.


Like it? Share with your friends!

114 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *