Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Rotan, Melakukan Pengecekan hewan Ternak Sapi 


Sarana informasi.com

Muaraenim, – Untuk memantau dan mengantisipasi penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Rotan Bripka Sudarsih, melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak sapi, di Desa Petar Luar Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara enim, Sumatera Selatan, Jum’at (25/11/2022).

Kapolsek Sungai Rotan IPTU Syamsuharto SH melalui Bhabinkamtibmas Bripka Sudarsih, mengatakan, pemeriksaan hewan tersebut dilakukan untuk mengetahui kesehatan hewan ternak milik warga, termasuk sebagai langkah pengawasan penyakit mulut dan kuku (PMK) jika ada yang menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan domba.

Lanjut Bripka Sudarsih, tujuan dilakukannya kegiatan tersebut untuk mencegah virus PMK dengan melihat langsung hewan peternak yang kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit virus PMK.

Karena itu, pihaknya mengimbau kepada peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya, serta mengantisipasi datangnya hewan ternak sapi, kambing dan kerbau dari wilayah lain.

“Warga jangan takut melaporkan ke petugas, terutama kepada Dinas Peternakan,jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah),” jelasnya.

Sementara itu, untuk saat ini dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari Bhabinkamtibmas serta petugas terkait lainnya, hewan ternak sapi semuanya dalam kondisi sehat dan belum ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK, tutupnya. Laporan

Reporter; Karman

Editor; ph


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berkarya Dewek