Warga Tempirai Apresiasi Para Dermawan Salurkan Hewan Kurban


PALI – Seperti tahun-tahun sebelumnya Yapika Umar Ruib dalam momentum idul qurban atau hari raya Idul Adha mengadakan kegiatan tebar hewan qurban ke Desa Tempirai Raya via DKM At-Taqwa, Masjid dilingkungan Madrasah Daarul Mukhlisin Yapika Umar Ruib.

Kegiatan ini dilatarbelakangi melihat kondisi aktual adanya ketimpangan diperkotaan daging qurban sudah berlebihan sementara di Desa Tempirai Raya masih kekurangan.

“Bahkan kita merasa sedih dan prihatin ada Masjid yang belum ada hewan qurban. Tebar hewan qurban merupakan gerakan pemerataan daging qurban ke Desa, mengingat di kota-kota daging qurban sudah nampak berlebihan, sehingga distribusi daging qurban kurang tepat sasaran yaitu bukan pada mustahiknya,”ujar Ketua yapika Umar Ruib, Subiyanto,S.Sos, SH.,MKn. Kepada media ini via WhatsApp pada Senin (03/07/2023).

Lebih lanjut putra asli Tempirai ini menjelaskan bahwa Pelaksanaan kegiatan tebar hewan qurban di Desa Tempirai ini aktualisasi ruang lingkup peran Yapika Umar Ruib pada bidang sosial, menambah pemahaman hikmah qurban untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, sekaligus menguatkan silaturahim dan ukhuawah islamiah dalam merealisasikan ajaran Islam Rahmatan Lil Alamin juga paralel gerakan mencegah stunting dengan perbaikan gizi masyarakat.

Masi Menurut Subiyanto,S.Sos, SH.,MKn.-Ketua Yapika Umar Ruib idul qurban atau hari raya Idul Adha 1444 H ini kegiatan yang ke 3 kalinya yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2023 oleh DKM At-Taqwa menyembelih hewan qurban 6 ekor sapi, meningkat dari tahun 2022 lalu 5 ekor sapi.

“Alhamdulillah berkah suksesnya kegiatan tebar hewan qurban berkat dukungan selain keluarga Yayasan juga oleh 22 orang relasi yang juga sekaligus donatur pembangunan lembaga Pendidikan Yapika Umar Ruib, terdiri yaitu:

2 pejabat dari Kemennaker, Putri Anggoro Dirjend PHI dan Jamsos, Haiyani Rumondang-Dirjend BinWasnaker,
Puspita Wulandari, pejabat Kemenkeu
7 orang Direktur BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo, Edwin Ridwan, Abdur Rahman Irssyadi, Zainudin, Pramudya Irawan Buntoro, Roswita Nilakurnia, Asep Rahmat Suwandha.

Baca juga:  Jaga kelestarian alam, Tiga Matra TNI di Kota Tual tanam 1200 Pohon Mangrove

Mundi Harno, Direktur Kepatuhan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, Ariyandi Direktur Operasional PT.Taspen, 2 orang Dewan Pengawas (Dewas) BPJS Ketenagakerjaan Agung Nugroho dan H.Yayat Syariful Hidayat.

Iftida Yasar, Dewas BPJS Kesehatan
2 Kanwil BPJS Ketenagakerjaan, Mintje Wattu, Depdir Sulawesi Maluku dan Rini Suryani, Depdir Kalimantan,
Dr.Afnizal-Pengusaha dan pemilik RS Harapan Bunda, Lampung. Hj.Aliya Setiawaty, DPR RI Fraksi PDI Tahun 2009-2014, dr. Muhammad Ruchyat Amar Yasin, Sungai Liat Bangka
dr.Idries Tirta Husada Soekemi
Apri, Direktur Keuangan RS Rivai Abdullah, Palembang.

Mewakili warga Desa Tempirai Raya menyampaikan apresiasi kepada yang terus mendukung kegiatan Tebar Hewan Qurban di Desa Tempirai Raya yang disambut sangat antusias masyarakat yang merasakan langsung manfaatnya, pada tahu 2023 ini dari penyembelihan 6 ekor sapi qurban didapat 700 paket daging qurban perpaket 1 Kg, Daging 7 ons+Tulang 3 ons yang didistribusikan secara merata kepada unsur-unsur masyarakat sebagai berikut:

Masyarakat Kampung Lebak Tanah Itam, Lingkungan Madrasah122 Paket
Keluarga besar keturunan Puyang Sungai Rande 126 Paket, Civitas akademika institut insan kamil Yapika Umar Ruib 359 Paket, Panitia 20 Paket
BP MPPDT dan YKBHN 14 Paket
Ketua 8 Kelompok tani dan Ponpes Aklakul Karimah 9 Paket
Masjid Baitul Amanah, Babussalam dan Al-Mukmin masing-masing 20 paket 60 Paket.”papar Subiyanto.

Dia juga menjelaskan bahwa Yapika Umar Ruib pada tahun 2023 ini berharap dapat titipan sapi sebanyak 30 ekor sapi agar bisa mendistribusikan ke 10 masjid di Desa Tempirai Raya, dia berharap sasaran itu bisa tercapai pada tahun-tahun mendatang, dan berdo’a semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dan keberkahan agar kegiatan tebar hewan qurban ini terus terlaksana setiap tahun.

“Dan kita mendo’akan kepada keluarga yang berqurban semoga aliran darah hewan qurban yang mengalir menjadi aliran Rahmat dan Keberkahan hidup, serta panitia yang membantu agar jerih payahnya dicatat sebagai amal jariyah yang dibalas banyak kebaikan, rizki yang berlipat ganda dan keberkahan hidup….Aamiin,” harapnya.

Baca juga:  Letkol Inf Kadek Muliarsa, Dansatgas, Terus Mengejar Waktu TMMD ke-116

Pada akhir wawancara Subiyanto,S.Sos, SH.,MKn., yang juga sebagai Ketua Umum Masyarakat Peduli Pembanguan Desa Tempirai (MPPDT) mengajak Warga Tempirai Raya dimanapun berada untuk meningkatkan rasa cinta dan peduli tanah kelahiran yang merupakan tanah leluhur, jangan pernah berhenti mencintai Tempirai Raya dengan cara membuktikan cintanya dengan sikap siap berkorban waktu, tenaga, pikiran bahkan materi yang berkontribusi sesuai kapasitas masing-masing untuk mendukung pembangunan Desa Tempirai Raya dengan berbagai problematika yang menjadi hambatan, tantangan dan peluang agar terjadi loncatan besar percepatan pembangunan guna mewujudkan Desa Tempirai Raya jadi Desa Swasembada yang maju, adil sejahtera dan bermartabat, menjadi Desa kebanggaan Warga Tempirai Raya.

Penulis: Tim Media Yapika Umar Ruib.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Seeet✋, Tidak boleh Copas, Izin dulu pada yg punya Media.🤛🤛👊