Reses Pertama Tahun 2022, DPRD PALI Serap Aspirasi Masyarakat Dapil Satu


122 shares

PALI//SI.Com–, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) lakukan Reses Guna menyerap aspirasi masyarakat setempat, kegiatan Reses yang pertama di tahun 2022 ini diadakan di daerah pilihan (Dapil) satu, yaitu Kecamatan Talang Ubi, bertempat di Kantor Camat Talang Ubi Kabupaten PALI Provinsi Sumatera Selatan, Senin (21/03).

Sebanyak 11 orang anggota DPRD Kabupaten PALI yang sempat hadir dalam kegiatan reses tersebut, yang langsung dipimpin oleh Wakil ketua DPRD PALI, Irwan ST, juga di dampingi H Kristian, Hoirillah, Safirin, Rommy Suryadi, Zuliardi, Iip Fitriansyah, Aswawi Mansyur, Husni Thamrin dan Agustian Saputra. Dan juga dihadiri beberapa perwakilan masyarakat kecamatan Talang Ubi, seperti Camat, Kades, Lurah, RT,RW, juga beberapa perangkat Desa.Toko masyarakat,toko agama, toko pemuda Kecamatan Talang Ubi.

Di kesempatan itu, wakil Ketua I DPRD Kabupaten PALI Irwan ST mengatakan, reses ini bukan hanya sekedar acara seremoni, selain usulan masyarakat yang disampaikan melalui reses ini akan menjadi skala prioritas pada pembahasan di DPRD, ini juga kita jadikan sebagai ajang silaturahmi, saya berharap kepada saudara yang hadir benar-benar memanfaatkan kesempatan ini dan menyampaikan usulan pembangunannya.

Karena hari ini adalah hari terakhir penginputan data, ia berharap semua usulan masyarakat bisa langsung terjawab dan akan menjadi skala prioritas pada pembahasan di DPRD.

“Kegiatan ini bukan hanya seremonial, tapi usulan ini akan diperjuangkan agar dapat terwujud,” terang Wakil Ketua 1 DPRD PALI Irwan ST.

Wakil ketua 1 DPRD Pali, Irwan, ST. Saat menanggapi aspirasi masyarakat

“Saya dan anggota DPRD lainnya sepakat membangun Kabupaten PALI ini dengan sistem yang ada. Sebab ada dua sistem di pemerintahan yaitu eksekutif dan legislatif,” kata Irwan ST.

Tentunya dengan dua sistem ini, Irwan ST mengungkapkan, pihaknya akan bersama-sama bersinergi dengan Pemerintah atau Bupati untuk membangun Kabupaten PALI.

“Kami sepakat apa yang menjadi usulan masyarakat menjadi prioritas di DPRD. Kebijakan Bupati dan DPRD punya kewenangan yang sama dalam pembangunan yang ada di PALI,” ungkap Irwan,

“Manfaatkan waktu sebaik-baiknya, silakan ajukan apa yang menjadi prioritas pembangunan kedepan, karena hari ini adalah hari terakhir kami menginput data usulan pembangunan,” tegas Irwan.

Setelah Irwan ST, dikesempatan itu, Salah satu Bidan yang bertugas di talang ubi Barat, Maya Susanti, mengutarakan aspirasinya, bahwa balai desa di Talang Puyang bangunannya sangat memprihatinkan. Balai tersebut digunakan untuk kegiatan Posyandu, dan ia berharap agar bangunan tersebut diperbaiki.

Menanggapi hal tersebut Agustian Syahputra langsung memberikan tanggapan di acara tersebut, bahwa dirinya sudah turun langsung melihat keadaan dan keluhan masyarakat di daerah sana terutama bangunan balai yang ada di daerah Talang Puyang Kelurahan Talang Ubi Barat.

“Memang benar bangunan tersebut butuh diperbaiki, dan akan saya perjuangkan dengan dituangkan kedalam Pokok – Pokok Pikiran Dewan,” ujar Anggota DPRD PALI dari Partai Demokrat,

Selain Bidan Maya, perangkat desa Sungai Ibul pun menyampaikan aspirasi pembangunan di desanya kepada Rommy Suryadi, A.Md anggota DPRD PALI dari Partai PAN.

“Kami secara lisan baru menyampaikan kepada Pak Rommy, terkait usulan atau aspirasi pembangunan di desa kami, Alhamdulillah sudah direspon dan meminta kami membuat proposal guna di tuangkan kedalam Pokok – Pokok Pikiran Dewan,” ungkap Sekdes Sungai Ibul Yas Budaya.

Rommy Suryadi, pun menerangkan, ia akan memperjuangkan aspirasi masyarakat Talang Ubi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, dia juga menegaskan bahwa, guna reses adalah mendengarkan aspirasi masyarakat untuk dituangkan kedalam Pokok – Pokok Pikiran Dewan. Bagi setiap Anggota DPRD menyerap aspirasi masyarakat melalui kegiatan reses merupakan amanah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Dengan Reses ini, akan menyerap aspirasi masyarakat dan pelaksanaan pembangunan dapat tepat sasaran sesuai aspirasi serta kebutuhan masyarakat di Dapil I Talang Ubi, dan In Shaa Allah akan saya perjuangkan melalui pokok – pokok pikiran Dewan,” ujar Rommy.

Setelah Rommy, salah satu toko masyarakat, yaitu Didit, dia mengusulkan gorong-gorong, masjid Nurul Iman Pahlawan, tanah wakaf untuk pemakaman dan jalan lebar 4 meter panjang 500 meter.

Sedangkan Muji Marzuki tokoh agama Desa Simpang Tais meminta untuk dibangunkan drainase di depan balai Desa Simpang Tais, karena telah menyebabkan banjir.

“Alhamdulillah berkat bantuan Kades, kami dan perusahaan Agro didorong, namun jika tidak di pasang batu atau parit sia-sia bantuan dari Kades kami,” ujar Muji.

 

(Eddi Saputra,/Adv)

 


Like it? Share with your friends!

122 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.