Pasca Pandemi, Antusias Masyarakat Membludak Sambut HUT RI Ke 77


PALI//SI.Com--,Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia atau Hari Lahir nya sekaligus Berdirinya Negara Republik Indonesia, yang lazim disebut dalam bahasa sehari-harinya Tujuh belasan, adalah hari libur nasional di Indonesia untuk memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945 serta mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan negara republik Indonesia.

Sebelum di gelar Upacara 17 Agustus setiap daerah di negara Indonesia sudah terbiasa mengadakan berbagai macam kegiatan, tak terkecuali di Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Provinsi Sumatera Selatan, dari tanggal 12-13 Agustus Kemarin Kecamatan Tanah Abang telah mengadakan berbagai lomba, dari lomba gerak Jalan baik dari tingkat SD, SMP, SMA dan Umum.

Pada hari ini senin (15/08), di Kecamatan Tanah Abang kembali di gelar lomba Karnaval (Pawai) yang di ikuti oleh TK, SD, SMP, SMA dan masyarakat Umum.

Poto masyarakat umum yang ikut memeriahkan karnaval,

Dalam rangka menyambut HUT RI yang ke 77 ini, Antusias Masyarakat sangat luar biasa, terlebih dalam perlombaan ini terlihat dari jumlah peserta karnaval ini sebanyak 36 peserta dari TK sampai Umum, seluruh peserta yang mengikuti karnaval ini menggunakan atribut berbagai macam mulai dari pakaian kemerdekaan, petani, sarjana, adat dan budaya serta yang lainnya.

Untuk start kegiatan ini di mulai dari Lokasi Candi Bumiayu, Desa Bumi Ayu hingga Finish di lapangan SDN 1 Tanah Abang.

Arli Firgianto Am.Rad selaku Pendamping Pemajuan Kebudayaan Desa mengungkapkan Kegiatan ini begitu sangat luar biasa apalagi setelah absen selama pandemi kemarin.

Poto Arly Firgianto. Am.Rad

“Saya sangat mengapresiasi seluruh Pantia Kecamatan Tanah Abang dan seluruh peserta Karnaval Tahun ini karena berkat semangat kemerdekaan acara ini dapat berjalan dengan lancar apalagi Kecamatan Tanah Abang sudah beberapa tahun terakhir tidak melaksanakan kegiatan ini karena pandemi” Ujar Arly kepada media ini di lapangan,

Baca juga:  Miris, Satu Keluarga di Bukit Teukuh Tinggal di Gubuk Reot Tanpa Aliran Listrik

Terlebih dia juga mengungkapkan, bahwa selain menanamkan rasa nasionalisme kepada pejuang-pejuang bangsa kegiatan karnaval ini juga banyak mengangkat Nilai-nilai Kebudayaan.

“Iya selain membangkitkan jiwa nasionalis kegiatan ini juga sangat saya apresiasi mengingat dalam perlombaan karnaval ini banyak nilai-nilai kebudayaan yang di bangkitkan oleh masyarakat, apalagi untuk Desa Tanah Abang Jaya yang menyambet gelar Juara 1 kategori Umum dengan mengkampanyekan kearifan lokal Candi Bumi Ayu”. Tutupnya

Di tempat terpisah Rilo Pambudi S.Kom mengatakan kegiatan dalam merayakan HUT RI tahun ini merupakan kegiatan yang sangat ditunggu-tunggu atau sangat dirindukan oleh segenap lapisan masyarakat Indonesia tak terkecuali masyarakat Kecamatan Tanah Abang. Bagaimana tidak, karena dua tahun belakang ini semua kegiatan menjadi terbatas dan terasa hambar karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

” Yah Sangat bersyukur karena tahun ini kita bisa kembali merayakan hari kemerdekaan bangsa ini dengan berbagai kegiatan yang mengajak kita semua untuk menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air serta menumbuhkan semangat nasionalisme seperti gerak jalan, karnaval/pawai dan upacara peringatan hari kemerdekaan,” Ujarnya.

Rilo juga menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya untuk segenap panitia ataupun seluruh stakholder yang terlibat sehingga rangkaian kegiatan peringatan HUT RI tingkat Kecamatan Tanah Abang dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Penulis: Arly


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berkarya Dewek