Gelar Media Ghatering Bersama Wartawan, Ketua KPUD Manggarai : Insan Pers Pilar Penting dalam Pesta Demokrasi


12 shares

 

Ruteng, NTT//SI.com- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Manggarai menggelar Kegiatan Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Tahun 2024.

Kegiatan tersebut dikemas dalam Media Gathering yang berlangsung di Aula KPUD Manggarai,Rabu, (29/0/2024) siang.

Ketua KPUD Manggarai Rikardus Jemmi Pentor mengakui bahwa insan media merupakan salah satu pilar penting dalam perhelatan pesta demokrasi, baik itu Pemilu maupun Pilkada.

“Kami memandang dalam konteks bahwa teman-teman (insan media) adalah pilar demokrasi untuk menyampaikan seluruh tahapan baik Pemilu maupun Pilkada serentak November mendatang”, ungkap Rikar.

Menurut Rikar kegiatan Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Pada Kabupaten Manggarai Tahun 2024 mengacu pada PKPU Nomor 2 Tahun 2024 terkait seluruh tahapan persiapan penyelenggaraan Pilkada serentak.

“Kami fokus pada tahapan dan KPU juga sudah melaksanakan beberapa tahapan. Terkait anggarannya, kemarin kami sudah berkoordinasi dengan pihak kejaksaan untuk melakukan pendampingan.Kami harus akui bahwa ini adalah uang rakyat. Untuk itu, kami harus berkoordinasi dengan Kejaksaan,” tegas Rikar.

Ia pun merinci pada Pilkada Manggarai mendatang jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) adalah 750 dan jumlah Pemilih dalam tiap TPS adalah 600 pemilih.

“Prinsip TPS, tidak boleh memisahkan pemilih dalam satu kepala keluarga.Selain itu, tidak boleh menggabungkan TPS dalam satu desa atau kelurahan”,terang Rikar.

Saat ini, KPU Manggarai sudah menerima data penduduk potensial pemilih Pemilu atau DP4 dari Kemendagri berjumlah 237.438. KPU akan menverifikasi data tersebut, dan secepatnya akan mengumumkan perekrutan Pantarlih dalam waktu dekat dengan mendatangi dari rumah ke rumah untuk melakukan sensus.

Akhir kata Rikar berharap insan media mendorong partisipasi masyarakat agar memastikan semua masyarakat ada dalam daftar pemilih tetap atau DPT. Karena itu merujuk pada catatan KPU Manggarai pada Pemilu 2024 lalu.

Baca juga:  Heribertus Ngabut-Ronald Susilo, Terima Rekomendasi dari PAN Sebagai Balon Bupati, dan Balon Wakil Bupati Manggarai

“Berharap ke depannya dapat diwartakan atau diberitakan oleh media terkait tahapan-tahapan yang kami anggap merupakan isu yang strategis. Sebagai salah satu pemangku kepentingan, kami ingin rekan-rekan wartawan untuk ikut untuk menyampaikan ke masyarakat. Kita tidak bisa menutup mata, media ini merupakan corong dari seluruh rangkaian kegiatan pemilu. Kalau bisa setiap kegiatan kita dapat terus diinformasikan secara luas kepada seluruh khalayak”,tutupnya

Editor : Dody Pan


Like it? Share with your friends!

12 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Seeet✋, Tidak boleh Copas, Izin dulu pada yg punya Media.🤛🤛👊