Bawaslu Manggarai Gelar Apel Siaga Kampanye Pemilu 2024


 

Ruteng, NTT//SI.com- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar apel siaga kampanye Pemilu di halaman kantor DPRD Kabupaten Manggarai, Kamis (30/11/2023).

Ketua Bawaslu Manggarai, Fortunatus Hamsah Manah dalam sambutannya menyampaikan pesan kesiapsiagaan dalam menghadapi proses kampanye Pemilihan Umum 2024.

“Kita telah dan akan terus berjuang bersama untuk mewujudkan Pemilu yang bersih, adil, dan demokratis. Namun, tantangan tidak pernah berhenti, dan tugas kita semakin berat mengingat dinamika masyarakat dan teknologi yang terus berkembang”, katanya.

Manah mengatakan, Pemilu 2024 merupakan tonggak penting dalam perjalanan demokrasi, oleh karena itu, sebagai Bawaslu, berkomitmen untuk menjaga integritas, independensi, profesionalitas dan transparansi dalam setiap tahapan Pemilu.

Manah juga menegaskan beberapa point penting terkait kampanye Pemilu 2024. Pertama, mengajak seluruh peserta pemilu, baik partai politik, calon legislatif, maupun calon presiden, untuk mengedepankan etika dan semangat sportivitas dalam berkampanye.

Kedua, hindari kampanye negatif yang dapat memicu konflik dan perpecahan dalam masyarakat. Mari bersaing dengan ide dan program yang membangun, demi kepentingan bersama sebagai suatu Negara Bangsa.

Ketiga, teknologi informasi memiliki peran yang sangat signifikan dalam kampanye modern. Namun, kami mengingatkan semua pihak untuk menggunakan teknologi ini secara bijaksana. Hindari penyebaran informasi palsu atau hoaks yang dapat merusak citra calon dan merugikan proses demokrasi. Kami mengajak masyarakat untuk selalu melakukan verifikasi sebelum mempercayai dan menyebarkan informasi.

Keempat, partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan Pemilu sangatlah penting. Tugas pengawasan Pemilu bukan hanya tugas kami Bawaslu, tetapi juga tugas dan tanggung jawab bersama seluruh komponen baik pemerintah, penyelenggara pemilu, peserta pemilu maupun seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga agar pemilu berlangsung dengan jujur dan adil. Laporkan setiap pelanggaran yang Anda saksikan agar dapat segera ditindaklanjuti.

Baca juga:  Dinilai tidak Menghargai Keberadaan Rumah Gendang, Tokoh Adat Waso Bongkar Bangunan Pemkab Manggarai

Manah menegaskan bahwa Bawaslu siap bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk menjaga keamanan dan kelancaran proses Pemilu.

“Mari bersama-sama menciptakan pesta demokrasi yang damai dan bermartabat wujudkan pemilu yang berkualitas, menghasilkan pemimpin yang mampu membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi bangsa dan daerah ini”, tutupnya.

Untuk diketahui, apel siaga kampanye Pemilu yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Manggarai dihadiri oleh sejumlah stakeholder, diantaranya Perwakilan Pemerintah Daerah, Ketua DPRD Kabupaten Manggarai, Kesbangpol Manggarai, Kodim 1612 Manggarai, Polres Manggarai, Kejaksaan Negeri Manggarai, Pengadilan Negeri Manggarai, Mako Brimob Kompi 2 Batalian B Pelopor Manggarai, Gakkumdu dari unsur Kepolisian dan Kejaksaan, Pimpinan Partai Politik, BEM UNIKA St. Paulus Ruteng, BEM STIE KARYA Ruteng, BEM STIPAS St. Sirilus Ruteng.

Editor : Dody Pan


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JANGAN COFAS NANTI JADI KEBIASAAN