Acara Adat Wagal, Jelang Pemberkatan Nikah Putri dari Wakil Bupati Manggarai


 

Ruteng, NTT//SI.com- Acara adat Manggarai (Wagal) menjelang Pemberkatan Nikah Putri ke-2 dari Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, S.H, (Familia Suspiani Ngabut, S.ST., M.K.M) dan Ibu Florentina F.H Ganggut Ngabut, Selasa (12/07/2022) pagi, sekitar pukul 10.00 wita.

Dalam pelaksanaan acara Wagal tersebut, keluarga Calon Pengantin Pria, dr. Yohanes M.V. Putu Salim Widodo, Putra tunggal (anak ke-2) dari Pasangan suami istri (Pasutri) Agustinus Widodo, dan Ibu Oda Marus, beserta sejumlah keluarga besar diterima secara adat Manggarai “Tuak Curu” di Pa’ang, Beo Nekang, Kelurahan Watu, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Usai melaksanakan penerimaan secara adat Manggarai di Pa’ang Nekang, rombongan Keluarga dari calon pengantin Pria diarak menuju rumah kediaman pribadi Wakil Bupati Manggarai, oleh sejumlah rombongan keluarga dari calon pengantin wanita, yang berlokasi di Nekang, Kecamatan Langke Rembong, dan dilanjutkan dengan beberapa acara adat Manggarai didalam rumah, yaitu, Acara adat, “Cikat Kina, Wagal Kaba”.

Acara ini menurut adat Manggarai, merupakan pernikahan secara adat Manggarai yang resmi menurut adat. Acara adat Wagal tersebut, menunjukan bahwa semua tuntutan adat dari pihak keluarga pengantin wanita sudah dipenuhi oleh keluarga dari pihak pengantin pria.

Kanis Garat, selaku keluarga dari pengantin wanita, menyampaikan ucapan terima kasih yang berlimpah untuk keluarga besar pengantin pria, karena acara ini dapat dilaksanakan dengan baik, tanpa ada kendala apapun, karena semua berjalan dengan baik sesuai kesepakatan dari kedua bela pihak.

Mewakili kedua Keluarga besar, Kanis Garat berharap, agar pernikahan secara Gereja Katolik, tidak ada hambatan, karena seluruh proses adat Manggarai, sudah dilaksanakan dengan baik, dan berjalan dengan aman dan lancar.

Untuk diketahui, Pemberkatan Nikah anak dari Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, S.H, akan dilaksanakan Jumat (15/07/2022) pukul 10.00 wita pagi, bertempat di Gereja St. Maria Asumpta Katedral Baru Ruteng, dan dilanjutkan dengan acara resepsi pernikahan yang akan berlangsung di halaman parkiran Gereja Katedral Baru Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, pada pukul 19.00 wita sampai selesai.

Baca juga:  Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati dan wakil Bupati untuk pilkada 2020, KPU PALI Gelar Rapat Pleno Terbuka.

Penulis : Dody Pan


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berkarya Dewek