Aktivis Penggiat Demokrasi Minta Kejari Banyuasin Audit Anggaran Debat Kandidat


Redaksi sarana informasi.com

BANYUASIN, Si.com// Aktivis penggiat demokrasi dan anti korupsi Kabupaten Banyuasin, Darsan, SP meminta Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Banyuasin segera audit anggaran debat pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin yang sengaja digelar di salah satu hotel mewah di Kota Palembang, Sabtu (26/10/2024).

Hal tersebut dinilai kurang tepat dan tidak mendasar. Apalagi kalau ditinjau dalam PKPU No. 13 Tahun 2024 pada Bab IV yang membahas metode pelaksanaan kampanye pada pasal 19 ayat 7 debat publik atau debat terbuka diutamakan diselenggarakan di wilayah provinsi dan kabupaten/kota masing-masing.

Kata diutamakan berarti diprirotaskan/didahulukan sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI_Red) bukan malah mengartikan disarankan/dianggap tidak wajib/tidak harus.

ā€œSeyogyanya KPU Banyuasin dapat melaksanakan sesi debat kandidat di Kabupaten sendiri, sebab kita juga punya bangunan atau gedung seperti digedung Graha Sedulang Setudung(GSS) seperti debat pertama,ā€ tegas Darsan kepada sejumlah awak media.

Menurut Darsan, kondisi berbeda jika sama sekali di Kabupaten Banyuasin tidak memiliki bangunan/gedung, barulah kita memikirkan tempat lain.

Mengingat, debat pertama sebelumnya di GSS berjalan tertib dan aman, artinya tidak ada potensi konflik pasca debat.

ā€œKita juga ketahui bahwa momen debat kandidat adalah momentum para kandidat menyampaikan visi-misinya, sekaligus adu urat saraf bagi para kandidat saat dialektika berlangsung, bagaimana mereka dapat meracik ide dan gagasannya dalam bentuk program/kebijakan 5 tahun kedepan di Kabupaten Banyuasin,ā€ papar dia.

Euforia debat kedua ini sangat dinantikan masyarakat Banyuasin karena Paslon cawabup adalah wajah baru, Selain itu pula dapat menghidupkan para pelaku usaha mikro seperti penjual es keliling, tukang bakso dan lain sebagainya yang berada di lokasi debat.

ā€œBukankah selama ini KPU Banyuasin saat sosialisasi pemilukada selalu menyampaikan bahwa Pemilukada ini harus disambut dengan riang gembira,ā€ lanjut dia.

Baca juga:  Babinsa Serda Aminza 04/GM Kroscek Harga Sembako Di Desa Binaan

Terkait dengan anggaran hibah yang diterima dan digunakan oleh KPU Banyuasin pada pilkada 2024, pria berambut kuncir ini meminta kepada Kejari Banyuasin untuk segera melakukan audit investigasi terhadap pemilihan tempat dan lokasi debat.

“Kita akan kawal sampai tuntas, kami yang tergabung dalam 7 organisasi bernaung dalam Aliansi LSM untuk Pemilukada yang berintegritas (ALPB) siap di garda terdepan,ā€ tutup nya

Editor Pahrul Edi


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WARNING: DILARANG COPAS