Hari Rabies Sedunia, Pemkab Banyuasin Gratiskan Vaksin Rabies


Redaksi sarana informasi.com

PANGKALAN BALAI, Si.com//  Dalam Rangka Memperingati Hari Rabies Sedunia Tahun 2024, Penjabat Bupati Banyuasin Muhammad Farid membuka acara Vaksinasi Rabies di Kantor Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Banyuasin, Selasa (01/10/2024).

“Kegiatan ini tentunya sangat penting dan strategis, sebagai bentuk upaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai rabies dan cara menghentikan penyakit tersebut, sekaligus mendidik masyarakat, pemilik hewan, dan petugas kesehatan hewan untuk mencegah rabies,” ucap Pj. Bupati Muhammad Farid.

M.Farid juga menyampaikan bahwa Rabies merupakan penyakit zoonosis yang sangat serius karena dapat berakibat fatal bagi manusia maupun hewan peliharaan. Vaksinasi dan penyuluhan tentang rabies menjadi langkah penting dalam mencegah penyebaran penyakit ini. Melalui vaksinasi rabies, Pemkab Banyuasin berupaya melindungi masyarakat, hewan peliharaan, dan ekosistem dari bahaya penularan rabies.

“Saya ingin memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini, baik dari tim medis, relawan, maupun masyarakat yang peduli akan kesehatan hewan dan diri mereka sendiri. Vaksinasi ini adalah langkah nyata yang kita ambil bersama untuk memastikan bahwa Kabupaten Banyuasin bebas dari ancaman rabies, yang tentunya sejalan dengan upaya global dalam memberantas penyakit ini,” jelasnya.

Ia juga menyambut baik giat ini karena dapat mengedukasi masyarakat tentang penyakit rabies dengan pengetahuan yang tepat, masyarakat khususnya yang memiliki hewan peliharaan dapat melakukan tindakan pencegahan yang efektif sehingga tidak hanya aman, tetapi juga masyarakat lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan lingkungan sekitar.

“Hari Rabies Sedunia Tahun 2024 ini adalah momentum bagi kita semua untuk bersatu dalam meningkatkan kesadaran dan komitmen dalam memberantas rabies. Kita jadikan momentum ini sebagai langkah bersama menuju masa depan yang lebih aman dari penyakit zoonosis, dengan menjaga hewan peliharaan kita tetap sehat melalui vaksinasi dan meningkatkan pengetahuan kita tentang bahaya rabies,” jelasnya.

Baca juga:  Mahasiswa Sumsel Jabodetabek berbagi, Meski sedang diperantauan.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Banyuasin Edil Fitriadi, SP., M.Si menambahkan bahwa pelaksanaan Vaksinasi Rabies diselenggarakan gratis untuk masyarakat Kabupaten Banyuasin dengan menyediakan berbagai vaksin bagi hewan peliharaan. Selain vaksinasi, disediakan juga pengobatan dan pemeriksaan gratis.

Editor Pahrul Edi


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Seeet✋, Tidak boleh Copas, Izin dulu pada yg punya Media.🤛🤛👊