Dapur Sehat Lapas Tanjungpandan Miliki Sertifikat Dapur Layak Higienis dan Halal


Belitung, saranainformasi.com – Salah satu hak yang harus dipenuhi bagi warga binaan adalah mendapatkan makanan dan minuman yang laik hygiene. Dapur Sehat Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan selalu memprioritaskan menjaga kualitas makanan untuk para warga binaan, sehingga makanan yang disajikan layak, memiliki cita rasa yang baik serta halal.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Subseksi Perawatan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Zuherramsyah Selasa (27/08) saat mengawasi proses pengolahan bahan makanan di dapur Lapas Tanjungpandan

“Tugas kami di dapur lapas ini memang berat, di samping harus menjaga tamping atau pekerja yang memasak, kami juga harus memastikan kualitas dan kuantitas makanan yang nanti dihasilkan, mulai dari proses pengolahan hingga pendistribusian kepada para warga binaan layak konsumsi,” ungkapnya.

Zuheraamsyah menambahkan kegiatan memasak dilakukan setiap hari guna memenuhi kebutuhan warga binaan. Selain itu, pihaknya juga melayani pelayanan kesehatan melalui Klinik Pratama Lapas Tanjungpandan hingga rujukan warga binaan ke RSUD Marsidi Judono Kabupaten Belitung.

“Setelah diolah makan langsung didistribusikan secara langsung kepada seluruh warga binaan. Setiap warga binaan mendapatkan jatah makan 3 kali dalam setiap harinya secara gratis dengan menu bervariatif yang telah ditentukan,” jelasnya.

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Gowim Mahali menjelaskan Pelayanan Kesehatan Lapas Tanjungpandan menjadi perhatian serius dirinya selaku pucuk pimpinan. Dirinya selalu menegaskan bahwa pemenuhan makan dan minum bagi WBP adalah suatu yang mutlak dilaksanakan sesuai dengan Permenkumham No 40 Tahun 2017. Keseriusan jajarannya juga diiringi dengan sertifikasi baik dapur maupun bahan olahan. Sehingga saat ini Lapas Tanjungpandan telah memiliki Sertifikat Dapur Layak Higines dari Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung dan Sertifikat Halal yang dikeluarkan oleh Kementrian Agama RI. Selain itu Pelayanan kesehatan melalui Klinik Pratama Lapas Tanjungpandan juga mendapatkan apresiasi dari DPRD Kabupaten Belitung atas Pelayanan kesehatan yang terintegrasi bagi warga binaan.

Baca juga:  Mewujudkan Pilkada 2024 yang Damai di Babel, Erzaldi Rosman Mengajak Kita Semua

“Kesehatan warga binaan merupakan hal vital untuk terus diperhatikan, dan ini menjadi perhatian serius kami untuk terus melangkah ke depan dalam berbagai upaya peningkatan,” pungkasnya.

Rilis Media:
Kontributor Berita Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan

(*/Loise)


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Seeet✋, Tidak boleh Copas, Izin dulu pada yg punya Media.🤛🤛👊