Sekolah Lansia Tangguh Bunda Harapan Desa Pangkul Hari Ini Menggelar Wisuda


Prabumulih – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Prabumulih menyelenggarakan wisuda Sekolah Lansia Tangguh di gedung serbaguna Desa Pangkul, Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih pada Selasa 6 Agustus 2023. Acara ini merupakan salah satu bentuk komitmen dalam mendukung kemandirian dan ketangguhan para lansia.

Sekolah Lansia Tangguh ini merupakan inisiatif pendidikan non-formal yang berkelanjutan bagi para lanjut usia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku, dan keterampilan keluarga lansia, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. Program ini juga merupakan implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang strategi nasional kelanjutusiaan.

Kepala Desa Pangkul, Jakari Yadi, SH., MM., dalam sambutannya mengumumkan bahwa sebanyak 43 peserta lansia akan diwisuda. Beliau mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan berharap mereka dapat menjadi contoh yang baik serta lansia yang tangguh dalam menjalani masa kehidupan. Wisuda Sekolah Lansia Tangguh Bunda Harapan ini adalah wisuda pertama yang diadakan di Provinsi Sumatera Selatan.

Kepala DP2KBP3A Kota Prabumulih, Eti Agustina SKM MSi, menjelaskan bahwa 43 wisudawan ini telah mengikuti 12 pertemuan dalam program sekolah lansia tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Eti menekankan bahwa masih banyak lansia yang belum sepenuhnya mandiri karena berbagai keterbatasan. Oleh karena itu, DP2KBP3A bersama para mitra mendirikan sekolah lansia sebagai upaya jangka panjang untuk memenuhi kebutuhan layanan lansia, dengan fokus pada pengembangan kemampuan kognitif dan sosial mereka. Diharapkan para lansia yang mengikuti program ini dapat terus berkarya dan bermanfaat bagi keluarga serta lingkungan mereka.

Nopian, salah satu tokoh yang hadir, menyatakan bahwa tujuan dari sekolah lansia ini adalah agar para lansia tidak menjadi beban bagi keluarga dan lingkungannya, tetapi justru mampu menopang dan berkontribusi positif.

Baca juga:  Jaksa Agung Kungker ke Kejari Banyuasin

Acara wisuda tersebut dihadiri oleh PJ. Walikota Prabumulih, Elman, ST., MM., bersama istri, Kapolres Prabumulih yang diwakili oleh Kapolsek Cambai, Iptu Yogie Melta, S.Sos., Camat Cambai Deni Trianza, serta tamu undangan lainnya. PJ. Walikota Elman, ST., MM., dalam sambutannya menekankan bahwa belajar tidak mengenal batas usia, selama ada keinginan kuat untuk menambah pengetahuan. “Seperti yang dilakukan oleh para lansia di Desa Pangkul ini, kita sangat mengapresiasi sekali,” ujarnya.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Seeet✋, Tidak boleh Copas, Izin dulu pada yg punya Media.🤛🤛👊