Polres Malra: Berkolaborasi Dengan Para Tokoh Menciptakan Situasi Kondusif.


Malra,SI.Com.

Satuan personil Polres Maluku Tenggara mengamankan aksi Tawuran antar Pelajar dan terjadinya konsentrasi massa kemarin 29 September 2023, antara Ohoi Letvuan dan Ohoi Debut, maka upaya pihak Polres Maluku Tenggara mengambil langkah-langkah persuasi pada hari Sabtu 30 September 2023.

” Kasat Binmas Polres Maluku Tenggara,Iptu Carel B. Palapessy dan Plh Kasie Humas Polres Maluku tenggara Ipda Michael Yakob P, beserta personel Sat Binmas Polres Maluku Tenggara, melakukan kunjungan ke ketiga Ohoi/Desa yakni,” Ohoi Letvuan, Ohoi Dian Darat Kecamatan Hoat Sorbay, dan Ohoi Debut Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara.

Kunjungan tersebut sekaligus melakukan Sambang ke para Tokoh Masyarakat ketiga Ohoi dan mengecek Pos Pengamanan yang di jaga oleh Personel Polri dari Brimob dan Sat Samapta,” Sabtu (30/09/2023).

Berdasarkan Rilisan yang di himpun, sarana informasi. Com. Kata PLH Humas polres Malra,” Kunjungan serta sambang dimaksud untuk mengarahkan semua elemen warga masyarakat yang berada di ketiga Ohoi/Desa dengan tiga Kecamatan juga, agar menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Maluku Tenggara, serta Polsek jajaran dan sekitarnya menuju Pemilu Damai Tahun 2024.

Kemudian lanjut Pattilemonia,” kalaupun ada hal-hal yang sifatnya mengganggu situasi Kamtibmas di wilayah tempat tinggal segera melaporkan ke Pihak Polri Polres Maluku Tenggara, maupun Polsek terdekat agar di tindaklanjuti kejadian yang terjadi.

” Kalaupun ada kejadian seperti jangan main hakim sendiri kemudian memunculkan opini untuk memicu terjadinya gangguan kamtibmas, stop sebarkan berita hoaks, jangan mentah-mentah menyerap informasi dari orang lain yang belum tentu informasinya dibenarkan sesuai fakta.

” Kalaupun ada kejadian Tindak Pidana segera laporkan ke Pihak berwajib yakni pihak Polri Polres Maluku Tenggara dan polsek jajaran untuk di buatkan Laporan Polisi sesuai prosedur pelaporan maupun pengaduan, dan pihak Pelapor juga harus kooperatif, kawal terus apa yang telah di laporkan ke pihak Polri Polres Maluku Tenggara dan Polsek jajaran apabila kasus di Proses Hukum,” ujar Pattilemonia.

Baca juga:  Danramil 404-04/GM Mendukung Program Genius, Stunting Generasi Emas 

PLH Humas polres Menambahkan,” Apabila ada masalah-masalah prinsip adat Kei sesuai tatanan kearifan Lokal dalam hal di luar kasus tindak pidana, Warga harus berkoordinasi kan dengan Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat serta perangkat Ohoi guna mencari solusi, bukan mencari perkara yang menimbulkan gangguan Kamtibmas karena Negara Kita indonesia ini Negara Hukum,” imbuhnya.

Dirinya minta kepada Para Tokoh-tokoh yang berkompeten dan semua elemen lapisan Masyarakat agar wujudkan situasi Kamtibmas Nasional yang kondusif guna Pembangunan Nasional di wilayah Kei Maluku Tenggara dan sekitarnya,” Pinta Michael pattilemonia.

Tak hanya itu,” Adapun Masukan dan saran oleh beberapa Tokoh Masyarakat yakni, Ketua Tata Usaha Ohoi Letvuan Ny Erni El menyampaikan bahwa selama ini, mereka di Ohoi/Desa jarang di sentuh POLRI guna di sampaikan pemahaman Hukum dan juga Penyampaian pesan Kamtibmas kepada warga setempat.

” kemudian adanya kejadian Tawuran antar pelajar sekolah saat itu tanggal 25 September 2023, agar di proses hukum secepatnya, agar tidak lagi menimbulkan hal-hal yang tidak di inginkan seperti kejadian kemarin, karena kejadian yang telah terjadi sudah beberapa kali yang mana awalnya dari para pelajar sekolah, Kami juga akan mendukung Polri guna kendalikan situasi Kamtibmas yang ada di Ohoi Letvuan,” ucapnya.

” Penjabat Ohoi/desa Debut Bpk Walterur Letsoin menyampaikan bahwa,” Saya sudah koordinasi langsung dengan Penjabat Ohoi Letvuan terkait adanya aksi kejadian Tawuran antar pelajar Sekolah di terminal dan juga antar kedua Ohoi.

Selanjutnya Saya dengan perangkat Ohoi untuk segera kendalikan situasi agar warga jangan mudah terpancing, karena Kita semua kedua Ohoi adalah saudara, mungkin kedepannya pihak Polres Maluku Tenggara bisa menempatkan salah satu Polsek ataupun Pospol mungkin bisa berada di Wilayah Kita khususnya di kecamatan Hoat Sorbay ini untuk mengendalikan situasi, untuk waktu pertemuan dengan kedua belah pihak Ohoi akan Kami upayakan agar bisa secepatnya bisa hadir dan di lakukan di Polres Maluku Tenggara.

Baca juga:  Sesuai Arahan Presiden Hani Berikan Karpet Merah Investor Di Banyuasin

Tokoh Agama Ketua Majelis Jemaat Dian Darat Bpk Pdt Y. Trananawowoy, S.Si, menyampaikan bahwa saat ini Ohoi Dian berada di tengah-tengah antara Ohoi Letvuan dan Ohoi Debut akan tetapi, saya sudah mengarahkan para jemaat agar jangan mudah terpancing dengan situasi yang terjadi.

karena Kita semua bersaudara di Tanah Kei ini, mari Kita sama-sama bangun kehidupan kerukunan dan ciptakan perdamaian, pihak Polri juga sangat respon cepat untuk mengendalikan situasi Kamtibmas di wilayah Kami,” ungkap KMJ.

Lebih lanjut kata Pattilemonia,” Hingga saat ini Kedua Ohoi Letvuan Kecamatan Hoat sorbai dan Ohoi Debut Kecamatan Manyeuw Kabupaten Maluku Tenggara, sementara sudah di pasang Pos Pengamanan dan di tempatkan Personel Polri dari kompi Brimob Tual dan Polres Maluku Tenggara.

Hingga berita ini di turunkan,” situasi kamtibmas secara umum aman dan terkendali, masyarakat pada Ohoi Letvuan dan Ohoi Debut sedang melaksanakan aktifitas seperti biasanya,” tutup Ipda Michael pattilemonia.

Laporan: PLH Humas polres – APRI
Publisher: Rendi.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Seeet✋, Tidak boleh Copas, Izin dulu pada yg punya Media.🤛🤛👊