Darah Wartawan Mendidih, Disdik Pali Siap-siap di Demo


PALI – Sejumlah organisasi wartawan di kabupaten PALI, yang terdiri dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Wartawan Online (IWO), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI), dan PWII Kabupaten PALI, mendatangi kantor Dinas Pendidikan kabupaten PALI, Kamis (17/10/2024).

Kedatangannya guna meminta klarifikasi dari Dinas Pendidikan kabupaten PALI, karena telah menggelar sebuah acara yang diduga menyudutkan profesi wartawan pada satuan pendidikan di kabupaten PALI.

Bahkan, pihaknya mengancam akan melayangkan surat somasi pihak Dinas Pendidikan bila tidak memberikan penjelasan dan permohonan maaf dari beberapa peserta yang telah memberikan statement negatif terhadap profesi wartawan.

Ketua PWI kabupaten PALI, M. Anasrul saat mendatangi kantor Dinas Pendidikan kabupaten PALI menyampaikan bahwa kedatangannya bertujuan untuk meminta klarifikasi terkait acara yang digelar oleh Dinas Pendidikan PALI, yang seolah-olah menyudutkan profesi wartawan.

“Kami dapat info dari kawan wartawan yang hadir, bahwa peserta ditanyakan oleh narasumber, satu kata untuk wartawan, maka sejumlah peserta yang berasal dari guru dan kepala sekolah, menjawab dengan kata menyudutkan, yakni pemeras, menjijikan serta kata negatif lainnya,” jelas Anas.

Oleh karena itu, Anas mengaku sangat keberatan dengan pernyataan tersebut. Dan meminta agar Dinas Pendidikan memberikan klarifikasi serta memanggil oknum peserta yang memberikan pernyataan itu.

“Apalagi yang kami sayangkan pihak Dinas Pendidikan tidak tegas dalam acara itu. Mulai dari melakukan pembiaran terhadap tema yang diusung, yaitu Jangan Takut Kepada Wartawan, hingga melakukan pembiaran dalam jalannya diskusi yang makin ujung seolah menyudutkan profesi wartawan,” tegas Anas.

Kemudian ditambahkan Mang Dedek, ketua IWO PALI yang bakal melayangkan surat somasi terhadap Dinas Pendidikan kabupaten PALI ke Bupati PALI, selaku pimpinan tertinggi di Pemerintah Kabupaten PALI.

Baca juga:  Kepala Dinas PMD dan Camat Dampingi Wakil Bupati PALI Tinjau Lokasi Survey Seismik 3D

“Darah kami mendidih, ketika melihat tulisan tema Jangan Takut kepada Wartawan. Emang kenapa dengan wartawan, apakah begitu menakutkan bagi kepala sekolah. Kami tegaskan ya, hanya oknum wartawan yang seperti itu. Tidak seluruhnya seperti itu,” tegas Mang Dedek dengan berapi-api.

“Kalau dalam waktu dekat tidak ada klarifikasi dari Dinas Pendidikan, kami pastikan akan membawa permasalahan ini ke Pak Bupati,” tukasnya.

Sementara, Joko Sadewo salah satu wartawan senior di kabupaten PALI menilai acara tersebut tidak imbang, karena tidak dihadirkan pelaku wartawan sebagai narasumber.

“Sehingga kegiatan tersebut, condong menyudutkan. Karena tidak ada penjelasan dari pelaku wartawan. Karena saya hadir dan menyimak langsung acara itu sampai selesai,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPC PJS PALI, Eddi Saputra yang kebetulan tidak hadir saat mendatangi Kantor Disdik sangat mendukung jika wartawan se-pali akan mengadakan demo menyampaikan bentuk protes terhadap kelakuan dinas pendidikan Pali, pasalnya menurut Eddi Saputra dia bersama beberapa wartawan lainya ikut menyaksikan kegiatan itu, dan memang pada saat itu para guru dan Beberapa kepala sekolah melontar kan kata-kata yang menyudutkan wartawan.

“Yang pertama saya juga sepakat dengan teman-teman protes soal Tema kegiatan, yang kedua kegiatan itu tidak berimbang, wartawan tidak dijadikan narasumber untuk memberikan pemahaman kepada para guru dan kepala sekolah, saya merasa kegiatan itu adalah bentuk perkumpulan yang direncanakan untuk menghina profesi wartawan.”kata Eddi saat dihubungi via WhatsApp.

Saat diklarifikasi ke Dinas Pendidikan PALI yang diterima Sekretaris Disdik PALI, Harun menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh rekan-rekan wartawan.

Dijelaskan Harun, bahwa pihaknya tidak ada niat sama sekali untuk menyudutkan profesi wartawan.

“Kami atas nama Kepala Disdik PALI, maupun secara pribadi mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Wartawan adalah mitra Disdik PALI. Tentu kami tidak pernah ada niat untuk menyudutkan profesi wartawan,” ungkapnya didampingi Alamsyah selaku PPTK kegiatan tersebut dan Suryadi.

Baca juga:  DPC Grib Jaya PALI Akan Adakan Sosialisasi Hari Sabtu Mendatang

Ditambahkan Alamsyah bahwa pelaksana kegiatan tersebut pihak ketiga, PT ERC Media Mandiri. Tidak membawa embel-embel organisasi.

“Untuk konsep acara dari Disdik PALI, yaitu Bimtek Pemahaman Profesi Wartawan bagi satuan pendidikan di kabupaten PALI. Tujuannya untuk memberikan edukasi mengenai profesi wartawan kepada satuan pendidikan di kabupaten PALI,” jelasnya.

“Jadi kami tidak pernah membuat tema Jangan Takut Kepada Wartawan, ataupun jalannya acara yang berujung pada menyudutkan profesi wartawan. Itu sama sekali bukan konsep dari Dinas Pendidikan. Namun apapun itu, sekali lagi kami mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan-rekan wartawan,” tutupnya. (Zulman).


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Seeet✋, Tidak boleh Copas, Izin dulu pada yg punya Media.🤛🤛👊