Apel Pengawasan Pilkada, Bersama Bawaslu, Wujudkan Pilkada Damai dan Zero Konflik


10 shares

Palembang – Bertempat di kawasan bersejarah Benteng Kuto Besak, Palembang, Selasa 8 Oktober 2024, berlangsung kegiatan apel pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan tema “Bersama Kita Wujudkan Pilkada Damai.” Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Selatan, Kurniawan, S.Pd., dan dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, seperti Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel, Kapolda Sumsel, Pangdam II Sriwijaya, serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sumsel.

Apel yang digelar secara khidmat ini juga melibatkan peserta dari Bawaslu kabupaten/kota se-Sumatera Selatan serta anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dari seluruh kecamatan di Sumsel. Kegiatan ini menjadi momentum penting dalam meningkatkan sinergi pengawasan tahapan Pilkada guna memastikan keamanan dan kelancaran proses demokrasi.

Foto: Ketua dan Komisioner Bawaslu serta Panwascam

Dalam keterangannya, Ketua Bawaslu Kabupaten PALI, Lestrianti, melalui Komisioner Bawaslu PALI Divisi Hubungan Masyarakat, Fikri Ardiyansyah, SH, C.Med, menyampaikan bahwa apel ini bertujuan untuk membangkitkan semangat pengawas di tingkat kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD), khususnya di Kabupaten PALI. Menurut Fikri, pengawasan tahapan Pilkada, terutama pada masa kampanye, sangat krusial.

“Kami berharap dengan adanya apel ini, semangat kawan-kawan Panwascam dan PKD se-Kabupaten PALI semakin meningkat. Saat ini kita berada di tahap kampanye, di mana peran Bawaslu sangat diperlukan untuk melakukan pengawasan secara komprehensif. Tahapan ini harus dijalankan dengan baik, hingga nanti kita sampai di tahap pungut hitung dan rekapitulasi yang sangat krusial. Insyaallah, dengan semangat bersama Bawaslu, kita bisa mewujudkan Pilkada yang damai, aman, dan zero konflik,” ujar Fikri.

Foto: Bawaslu Kabupaten PALI dan Panwascam Kecamatan Se-kabupaten Pali. Selasa 8 Oktober.

Lebih lanjut, Fikri menekankan pentingnya pengawasan yang ketat di setiap tahapan Pilkada untuk memastikan keadilan dan integritas pemilu tetap terjaga. Ia juga mengingatkan agar seluruh jajaran Bawaslu di Kabupaten PALI terus waspada dan siap dalam menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul, terutama terkait pelanggaran-pelanggaran yang sering terjadi pada masa kampanye.

Baca juga:  Menjelang Pilkada, Bawaslu Pali Gencar Lakukan Himbauan Netralitas ASN dan Pejabat Negara 

“Kegiatan ini menjadi langkah strategis dalam mempersiapkan kita untuk menghadapi tantangan di lapangan. Dengan kerja sama yang solid antara Bawaslu kabupaten/kota dan seluruh elemen pengawas di lapangan, kami optimis Pilkada 2024 di Sumatera Selatan, khususnya di PALI, dapat berlangsung tanpa hambatan berarti,” pungkasnya.

Foto: saat Bawaslu Kabupaten PALI mengikuti Apel di Benteng kuto besak Palembang, Selasa 8 Oktober 2024

Terakhir Komisioner Bawaslu Pali ini mengatakan, “kegiatan apel ini menegaskan komitmen dalam menjaga netralitas dan integritas proses Pilkada 2024, serta menciptakan situasi yang kondusif agar pemilu berjalan damai dan aman. Dengan semangat kebersamaan dan sinergi dari berbagai pihak, harapan untuk mewujudkan Pilkada tanpa konflik semakin mendekati kenyataan.”tutup Fikri melalui saluran telepon kepada awak media ini.****.


Like it? Share with your friends!

10 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Seeet✋, Tidak boleh Copas, Izin dulu pada yg punya Media.🤛🤛👊