Kunker Kapolda Banten ke Polres Cilegon, Peresmian RTMC dan Pengukuhan Satgas Jawara Street Crime


11 shares

Cilegon, – Kapolda Banten Irjen Pol. Suyudi Ario Seto bersama Wakapolda Banten Brigjen Hengki, didampingi oleh Pejabat Utama (PJU) Polda Banten dan Ketua Bhayangkari Daerah Banten, mengadakan kunjungan kerja ke Polres Cilegon. Kunjungan tersebut juga disertai dengan peresmian Ruang Regional Traffic Management Center (RTMC) dan pengukuhan Satgas Jawara Street Crime Polres Cilegon.

Kapolres Cilegon Polda Banten AKBP Kemas Indra Natanagara membenarkan bahwa kunjungan ini dilakukan dalam rangka asistensi dan monitoring situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) terkini di wilayah Polres Cilegon. “Kunjungan ini merupakan bentuk perhatian dari Kapolda Banten dan para pejabat utama terhadap situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Banten,” ujar Kapolres.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolda Banten Irjen Pol. Suyudi Ario Seto memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Polda Banten atas pelaksanaan program Commander Wish yang telah diimplementasikan dalam tugas sehari-hari. “Saya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Polda Banten atas pelaksanaan program Commander Wish yang diimplementasikan dalam tugas sehari-hari, sehingga tercipta Kamtibmas yang kondusif,” ujarnya.

Kapolda Banten menekankan pentingnya kemampuan anggota Polri dalam mengidentifikasi dan menanggapi ancaman serta gangguan Kamtibmas. “Sebagai anggota Polri, khususnya di wilayah hukum Polda Banten, kita harus mampu menakar tingkat ancaman dan gangguan keamanan dengan mengedepankan hasil analisis berbasis data dan metode yang tepat,” tambahnya.

Dalam kunjungan ini, Kapolda Banten juga memperkenalkan tagline “Polisi Hebat” yang menjadi acuan bagi seluruh anggota Polda Banten. Tagline ini merupakan akronim dari:

H (Humanis):Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, sopan santun, dan sikap berwibawa.

E (Eksis):Senantiasa hadir di tengah masyarakat untuk memberikan perlindungan dan pelayanan.

B (Bermanfaat):Keberadaan anggota Polri harus memberikan manfaat dan bantuan kepada masyarakat.

Baca juga:  Jajaran Polres PALI, dipimpin Oleh Iptu Agus Sahpudin Gelar Razia KRYD

A (Antisipatif):Prediktif dan responsif dalam menghadapi permasalahan serta adaptif terhadap perubahan.

T (Tegas): Tindakan yang jelas dan benar dalam mengambil keputusan yang cepat dan terukur.

Salah satu inovasi yang diperkenalkan oleh Polda Banten adalah “Warung Bhabinkamtibmas,” sebuah sarana bagi warga untuk menyampaikan keluhan dan masukan dengan suasana santai seperti di warung. “Fungsi Warung Bhabinkamtibmas adalah untuk menjaring informasi yang berkembang di tengah masyarakat dan menjadi garda terdepan dalam penyelesaian masalah-masalah di lingkungan warga,” jelas Kapolda.

Kapolda juga memperkenalkan program “Pecak Polda Banten” yang merupakan akronim dari “Pergelaran Cepat Anggota Kepolisian Polda Banten.” Program ini berfokus pada respons cepat terhadap laporan masyarakat, pengaturan lalu lintas untuk mencegah kemacetan, dan penanganan cepat terhadap bencana alam.

Selain itu, Polda Banten juga meluncurkan program “Polisi Peduli Pengangguran” sebagai upaya mengatasi masalah pengangguran di Banten yang dapat berdampak pada angka kriminalitas. Program ini mencakup 3M yaitu merekrut, melatih, dan menyalurkan tenaga kerja.

Kapolda Banten juga menyinggung tentang kegiatan Harkamtibmas yang telah dilaksanakan melalui program seperti “Shalat Subuh Keliling” (Suling), “Sholat Jumat Keliling” (Jumling), “Jumat Curhat,” dan “Minggu Kasih.” Program-program ini diharapkan terus dilaksanakan secara rutin untuk mendukung tugas Polri dalam menjaga Kamtibmas.

Mengakhiri kunjungan kerjanya, Kapolda Banten berharap program Commander Wish dapat berjalan lebih optimal. “Saya berharap kepada PJU Polda Banten penanggung jawab Program Commander Wish dapat lebih optimal dalam mengimplementasikan program unggulan Polda Banten,” tutup Kapolda Irjen Pol. Suyudi Ario Seto. (L30)


Like it? Share with your friends!

11 shares

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Seeet✋, Tidak boleh Copas, Izin dulu pada yg punya Media.🤛🤛👊